Sebab Hal Ini, Motor Suzuki Didiskualifikasi di MotoGP Jepang

"motor tersebut dipermasalahkan lantaran motor yang digunakan pembalap asal Perancis tersebut menggunakan mesin Suzuki yang akan digunakan 2020 nanti."
(Twitter)

KLIKPOSITIF -- Tim pabrikan Suzuki sedikit mendapat masalah pada balapan MotoGP Jepang yang digelar pada hari Minggu esok (20/10/2019).

Pasalnya motor mereka didiskualifikasi dan tidak diperbolehkan untuk mengikuti balapan yang digelar di Sirkuit Motegi tersebut.

Namun bukan motor milik Alex Rins maupun Joan Mir yang dipermasalahkan, namun motor pembalap uji coba mereka Sylvain Guintoli.

Dilansir dari Crash, motor tersebut dipermasalahkan lantaran motor yang digunakan pembalap asal Perancis tersebut menggunakan mesin Suzuki yang akan digunakan 2020 nanti.

Hal tersebut tentu bertentangan dengan salah satu aturan di MotoGP di mana setiap pembalap harus menggunakan mesin resmi yang digunakan tim tersebut, dalam hal ini, setiap pembalap wajib menggunakan mesin tahun 2019 yang telah disetujui oleh penyelenggara balap.

Aturan tersebut berlaku untuk semua pembalap, termasuk test rider yang menggunakan jatah wild card seperti Guintoli.

Walaupun demikian, setidaknya ia sempat menjadi pembalap tercepat kelima saat melakoni sesi latihan bebas ketiga MotoGP Jepang, yang mana merupakan pertanda bagus bagi tim tersebut.

Selain itu, aturan tersebut tidak berlaku bagi tim KTM dan Aprilia yang masih mendapat status konsesi, di mana mereka tidak dilarang untuk mengembangkan mesin pada pertengahan musim balapan.