Ini Keistimewaan Tour de Singkarak 2019 Bagi Daerah Pessel

"TdS 2019 kali ini akan berdampak ekonomis bagi masyarakat"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Selain dampak promosi, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengatakan, Tour de Singkarak (TdS) 2019 juga bakal memiliki peluang ekonomis terhadap daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengungkapkan, dampak ekonomisnya adalah dengan menginapnya sejumlah panitia, offisial dan atlet di daerah itu karena dari Sungai Penuh peserta akan bermalam di Painan.

"Kalau sudah menginap, otomatis berdampak ekonomis terhadap daerah kita. Salah satunya dengan bertambahnya hunian sejumlah hotel dan penginapan kita," ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Ia menyebutkan, berbeda dengan event TdS sebelumnya, Pesisir Selatan termasuk daerah yang istimewa pada tahun ini. Selain dilalui dua etape dari Sungai Penuh Painan dan Painan-Padang, tahun ini peserta TdS bermalam di Kota Painan.

"Dan kita sudah mempersiapkan jumlah kamar yang dicari. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi," terangnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Pessel tidak akan lengah dengan peluang-peluang TdS tahun ini. Sebab, hal tersebut sudah dimatangkan dari jauh hari.

"Termasuk nanti, pada hari H TdS ini kita juga mengadakan banyak pertunjukan pendukung. Jadi kita harap, TdS tahun bisa lebih sukses lagi dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan Pesisir Selatan," jelasnya.

Etape TdS 2019 : 

Etape 1: Start di Pantai Gandoriah (Kota Pariaman) dan finish di Istano Basa Pagaruyuang (Kabupaten Tanah Datar), 107,3 KM

Etape 2 : Start di Kantor Bupati Pasaman (Kabupaten Pasaman) dan finish di jam Gadang (Kota Bukittinggi), 112,2 KM

Etape 3 : Start di air terjun Aka Barayun (Kabupaten Lima puluh kota) dan finish di Jln. Sudirman (Kota Padang Panjang) 125,6 KM

Etape 4 : Start di Kantor Bupati Dharmasraya (Dharmasraya) dan finish di lapangan Segita (Kota Sawahlunto), 205,3 KM

Etape 5 : Start di Kantor Dinas Pariwisata ... Baca halaman selanjutnya