Di Buriram, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia

"Selisih poin Marquez dan Andrea Dovizioso di posisi kedua menjadi 110 poin. Jarak itu tak lagi mungkin terkejar dengan sisa balapan yang ada"
Marc Marquez (net)

KLIKPOSITIF-Marc Marquez akhirnya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019 di Sirkuit Buriram, Thailand. Tampil sebagai yang tercepat membuat raihan poin Marc tak lagi mungkin terkejar oleh rival terdekatnya, Andrea Dovizioso.

Finis terdepan membuat selisih poin Marquez dan Andrea Dovizioso di posisi kedua menjadi 110 poin. Jarak itu tak lagi mungkin terkejar dengan sisa balapan yang ada. Buriram menjadi tempat pesta lebih awal bagi Marquez di musim ini

Marquez memulai balapan dengan agresif. Pada putaran pertama, rider asal Spanyol ini langsung merebut posisi Vinales di peringkat kedua dengan selisih 0,4 detik. Sementara Rossi, yang mulai mendapat sentuhan di motornya menyalip Jack Miller dan Danilo Petrucci merebut posisi keenam di putaran selanjutnya.

Andrea Dovizioso pun berupaya memperkecil jarak dengan posisi puncak dan berhasil naik tiga peringkat ke posisi empat. Tidak banyak perubahan posisi terjadi hingga memasuki putaran ke sembilan, Rossi nampak tersudut dengan desakan dua pebalap Suzuki lainnya, Joan Mir dan Alex Rins.

Tak berselang lama, ia akhirnya harus turun kembali ke posisi delapan. Di saat yang sama, Quartararo terus berusaha meninggalkan Marquez yang selalu menempelnya untuk merebutkan posisi puncak. Vinales dan Dovizioso cukup tertinggal jauh dari mereka dengan jarak 2.6 detik.

Pertarungan Marquez melawan Quartararo sangat menarik disimak. Marquez sangat sabar untuk tidak langsung mengambil posisi terdepan, meski sudah saling menempel sejak pertengahan balapan.