Hattrick, Kesilatnas PPD 1955 Sumbar Juara Umum Kejuaraan Internasional di Pekanbaru

Pesilat PPD 1955 Sumbar kategori Usia Dini saat berada di Podium I dan II pada kejuaraan Pencak Silat Open Tournament Himssi e-SA Cup 2 yang digelar di Kota Pekanbaru
Pesilat PPD 1955 Sumbar kategori Usia Dini saat berada di Podium I dan II pada kejuaraan Pencak Silat Open Tournament Himssi e-SA Cup 2 yang digelar di Kota Pekanbaru ()

PADANG, KLIKPOSITIF - Pesilat Kesilatnas Paguyuban Perisai Diri (PPD) 1955 Provinsi Sumbar berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament Himssi e-SA Cup 2 yang digelar di GOR Mahardika, Kota Pekanbaru , Provinsi Riau , sejak 28 Agustus sampai 1 September 2019.

Menariknya, meski perguruan Kesilatnas PPD 1955 itu baru didirikan pada 2018 lalu di Sumbar , namun perguruan silat tersebut berhasil meraih hattrick juara umum setelah berhasil memboyong tiga medali juara umum sekaligus, yaitu juara umum I kategori Usia Dini, juara umum II kategori Pra Remaja, dan juara umum I untuk kategori Remaja

"Alhamdulillah, kami bersyukur dan bangga bisa meraih tiga juara umum I sekaligus di tiga kategori berbeda. Ini diluar target kami semua. Apa yang kami raih ini juga berkat kerja keras pelatih dan atlet yang selalu gigih untuk latihan," kata pengurus Kesilatnas PPD 1955 Sumbar Andrinaldi di Padang, Senin, 3 September 2019.

Hal yang sama juga disampaikan pelatih Kesilatnas PPD 1955 Sumbar Sri Indah Mutia. Pelatih yang akrab disapa Adek itu mengakui bahwa raihan tersebut memang di luar dugaan, apalagi kejuaraan silat yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Riau itu diikuti oleh banyak perguruan.

Baca Juga

Tidak hanya dari Sumbar dan Riau , tapi juga diikuti oleh sejumlah perguruan silat dari berbagai provinsi di Sumatera, termasuk dari Negara Malaysia. "Ini kejuaraan international, dan kami berhasil meraih tiga jura umum I. Ini prestasi tertinggi yang kami raih sejak Kesilatnas PPD 1955 Cabang Sumbar dibentuk pada Maret 2018 lalu," ujarnya.

Selain meraih tiga juara umum, Adek juga menuturkan bahwa Kesilatnas PPD 1955 Cabang Sumbar juga berhasil membawa pulang ke Kota Padang Piala Bergilir HIMSSI e-SA CUP II. Mudah-mudahan, katanya, piala bergilir ini bisa dipertahankan oleh Kesilatnas PPD 1955 Cabang Sumbar .

"Juara umum ini menjadi motivasi bagi pelatih dan atlet agar untuk meningkatkan semangat latihan agar terus berprestasi, supaya pada kejuaraan HIMSSI e-SA CUP selanjutnya, kami bisa mempertahankan piala bergilir ini. Untuk itu kepada semua atlet, jangan puas dengan apa yang diraih. Mari kita tingkatkan semangat latihan kita," harapnya.

Pelatih Kesilatnas PPD 1955 lainnya bernama Hendriyanto, menyebut bahwa tiga juara umum itu diraih setelah pesilat PPD 1955 berhasil meraih 9 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu. Untuk medali emas, rinciannya terdiri dari 3 medali emas untuk kategori Usia Dini, 4 emas untuk kategori Remaja dan 2 emas untuk kategori Usia Remaja.

Kemudian untuk perak, 2 medali diraih melalui kategori Usia Dini, 1 kategori Pra Remaja dan 2 kategori Remaja. Sedangkan 1 medali perunggu, disabet melalui kategori Remaja. "Selain itu, atlet kami juga berhasil meraih Pesilat Terbaik Putra Remaja. Penghargaan itu diraih oleh pesilat atas nama Aditya Rahmad yang turun di Klas B Putra," katanya.(*)

Berikut nama-nama atlet Kesilatnas PPD 1955 Sumbar yang meraih medali emas, perak dan perunggu pada Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament Himssi e-SA Cup 2 yang digelar di Kota Pekanbaru , Provinsi Riau :

Pesilat Terbaik Putra Remaja : Aditya Rahmad (Kelas B Putra)

Kategori Usia Dini
Medali Emas: Givo Putra Permana (Kelas A Putra), Ravi Trio Eka Putra (Kelas D Putra) dan Dwika Nadine Cania (Kelas G Putri). 

Medali Perak: Aditya Sastra Maulana (Kelas A Putra) dan Rifki Adrian (Kelas A Putra)

Kategori Pra-Remaja
Medali Emas: Natasya May Anjelika (Kelas A Putri) dan Najmi Firda (Kelas B Putri)

Medali Perak: Muhammad Irsyad (Kelas E Putra)

Medali Perunggu: Abdurahman Gafari (Kelas A Putra)

Kategori Remaja
Medali Emas: Aditya Rahmad (Kelas B Putra), Vero Permana Putra (Kelas D Putra), Nur Nabila Suandi (Kelas A Putri), dan Melsi Winda Eka Putri (Kelas C Putri)

Medali Perak: Mulya Fikra Permana (Kelas C Putra) dan Puja Kurnia (Kelas E Putri)

Sumber: Kesilatnas PPD 1955 Cabang Sumbar .

Baca Juga

Penulis: Riki S