Kecelakaan di Silverstone, Dovizioso Selamat Berkat Teknologi Tech-Air

" sistem Tech-Air mengembang sempurna dalam waktu 150 milidetik sebelum Andrea Dovizioso mengalami benturan pertama"
Andrea Dovizioso (net)

KLIKPOSITIF-Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan tragis pada MotoGP Silverstone Inggris, pekan lalu. Dovi sempat membuatnya lupa ingatan karena gegar otak. Insiden high side crash yang dialami Dovi, bermula dari Fabio Quartarao yang mengalami selip dan membuatnya terseret ke luar lintasan.

Di saat bersamaan, Andrea Dovizioso yang mencoba masuk dari sisi luar tikungan menabrak motor Fabio Quartararo dan membuat dia dan motornya terlempar ke udara. Ducati Desmocedici tunggangannya terbakar sementara Andrea Dovizioso terjatuh dengan kepala menghantam aspal lebih dulu.

Andrea Dovizioso pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Coventry untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Dovi bisa tewas dalam kecelakaan tersebut, namun sebuah teknologi menyelamatkan jiwanya. 

Mengutip dari akun Twitter resmi Alpinestars, The Little Dragon-julukan Dovizioso-lolos dari maut berkat teknologi bernama Tech-Air. Tech-Air merupakan sistem yang hadir di airbag besutan Alpinestars yang dikenakan Andrea Dovizioso.

Lebih lanjut, @alpinestars menjelaskan kalau sistem Tech-Air mereka mengembang sempurna dalam waktu 150 milidetik sebelum Andrea Dovizioso mengalami benturan pertama. Singkatnya, perangkat elektronik, sensor giroskop dan akselerometer akan mendeteksi momentum, yang kemudian akan mengisi kantung udara (airbag) untuk melindungi tubuh rider.