Ducati Akui Kesulitan Tingkatkan Kemampuan Menikung Desmosedici

"Menurut Direktur Teknis Ducati Davide Barana lebih mudah mengembangkan kekuatan mesin ketimbang memperbaiki handling"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ducati mengakui motor mereka Desmosedici memiliki kelemahan dalam tikungan. Motor Andrea Dovizioso itu terlalu melebar pada setiap tikungan.

Dilansir dari Motorsport Ducati bahkan berkata membenahi handling motor Dovi tersebut bakal menjadi proses panjang yang melibatkan banyak percobaan dan kesalahan. "Kami sadar performa di tikungan merupakan bagian yang harus kami tingkatkan. Tapi juga penting diingat untuk terus meningkatkan area yang jadi kekuatan kami," kata Direktur Teknis Ducati Davide Barana.

Dia menjelaskan jika hanya fokus di satu titik, maka akan kehilangan yang sudah dimiliki. Desmosedici terkenal sebagai motor yang memiliki power sangat kuat, tapi sulit dikendalikan. Terbukti Andrea Dovizioso dapat menyalip Marc Marquez dengan mudah di trek lurus saat GP Austria beberapa pekan lalu.

"Untuk mendapatkan performa menikung yang lebih baik adalah proses yang panjang. Saat ini kami masih coba-coba. Lamanya karena harus menguji dan membuktikannya benar-benar efektif. Butuh beberapa saat untuk mencapai level tertentu," kata Davide.

Menurutnya mengatakan lebih mudah mengembangkan kekuatan mesin ketimbang memperbaiki handling. Sebab pengendalian motor berkaitan dengan banyak hal, mulai dari sasis, performa mesin, ban dan hal lainnya.