Matangkan Mental, Tim Futsal Pra PON Sumbar Ikut Linus 2019

Tim Futsal Pra PON runner up RSC 2019
Tim Futsal Pra PON runner up RSC 2019 (Rezka/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tim Pra PON Sumbar baru saja menyelesaikan latihan tahap 1 yang berujung di Rafhely Specs Cup 2019 beberapa waktu lalu. Dalam turnamen futsal bertaraf Internasional tersebut, anak asuh Andrian Andika berhasil meraih runner up usai kalah tipis 4-3 dari tim Pra PON Lampung di babak final.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Yasman Yanusar saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu 31 Juli 2019 mengatakan, usai RSC tim tutsal Pra PON Sumbar bersiap menghadapi kompetisi selanjutnya yaitu Liga Nusantara 2019. Namun pada kompetisi tersebut, Tim Futsal Pra PON Sumbar akan membawa nama Tuah Sakato FC.

"Turnamen RSC 2019 ini adalah ujung dari latihan tahap 1 selama ini. Setelah ini lanjut ke persiapan Liga Nusantara 2019 dengan materi pemain yang sama karena merupakan permintaan dari Direktur Teknik asal Malaysia, Qusmaini," ujar Yasman Yanusar, penanggung jawab Tim Futsal Pra PON Sumbar.

Baca Juga

Sebelumnya dikatakan Yasman Yanusar yang akrab disapa Pak Haji ini, para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Namun karena permintaan Direktur Teknik maka tim pelatih meminta kepada masing-masing klub untuk memberikan izin kepada pemain yang tergabung dalam Pra PON Futsal untuk tetap dalam tim.

"Alhamdulillah klub menyetujui permintaan tim pelatih Pra PON dan mereka akan kembali bermain dalam satu klub dengan nama Tuah Sakato FC," kata Pak Haji melalui telepon gengamnya.

Sementara itu, terkait evaluasi latihan tahap satu dan turnamen RSC 2019, para pemain harus lebih mematangkan persiapan. Salah satunya dengan meningkatkan mental masing-masing individu dan mental tim secara keseluruhan.

"Dalam latihan mereka bermain cukup bagus, tapi dalam pertandingan menurun. Begitu juga sebaliknya, sehingga dalam bermain masih kurang stabil. Secara keseluruhan, mental pemain harus lebih diasah lagi agar dapat bermain konsisten seperti apa yang telah dilatih oleh pelatih maupun dalam latihan," katanya dan menyebutkan bahwa Tim Futsal Pra PON akan menjalani 40 ujicoba jelang November mendatang.

Menurutnya, meskipun dari 6 kali bermain hanya menelan 1 kali kekalahan, tim yang memiliki Direktur Teknik dari Malaysia tersebut masih harus terus berlatih dan mematangkan persiapan. Sebab menurut Yasman Yanusar, untuk bisa lolos ke PON XX 2020, Tim Futsal Pra PON Sumbar harus bisa masuk 8 besar Nasional.

(Ade Suhendra)

Penulis: Rezka Delpiera