Pemkab Pessel Optimis Jalur Mandeh Akan Masuk Rute Tour de Singkarak

"Tim teknis TdS menyebut bisa urung dilewati karena beberapa catatan"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat optimistis jalur Kawasan Wisata Mandeh akan masuk jadi lokasi perlintasan Tour de Singkarak (TdS) 2019, meski tim teknis TdS menyebut bisa urung dilewati karena beberapa catatan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengakui, tim teknis memiliki catatan evaluasi terhadap jalur Mandeh. Diantaranya kondisi jembatan hingga pengaman batas di setiap turunan jalan yang kurang memadai.

"Hasil survei memang seperti itu. Namun kita tetap berharap rute ini bisa dilalui pembalap TdS. Pada saat survei juga diikuti oleh Kementerian PUPR," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, adanya kekurangan kriteria yang menjadi catatan tim teknis TdS, diharapkan segera dapat ditangani Dinas PU Provinsi. Sebab, jalur tersebut merupakan jalur kewenangan provinsi dan sudah direncanakan masuk jalur TdS dari TdS tahun sebelumnya.

"Kita optimis bisa dilalui, mudah-mudahan dinas terkait (Dinas PU Provinsi) dapat memenuhi kriteria jalan yang ditetapkan. Karena tidak ada arti jalur Mandeh tidak dilalui, kalau Pessel masuk dua rute tahun ini," terangnya.

Sebelumnya, Koordinator Tim Teknis Asep Cheppy Sulaiman menyampaikan, kawasan wisata Mandeh bisa urung dilewati pembalap saat TdS 2019. Penyebabnya karena jembatan sepanjang jalan yang baru siap dibangun tersebut belum layak.

Belum layak kerena ada beberapa pembangunan jembatan belum tuntas dan berlantai kayu bahkan ada yang terban. Sebab, menurutnya, pembalap tidak mungkin bisa memacu kecepatan walaupun jalan Mandeh sudah mulus. Namun ketika memasuki jembatan malah beresiko tinggi bagi pembalap karena kondisi jembatan.

Walaupun dalam kondisi seperti itu, kemungkinan untuk dilalui bisa saja dilakukanm, asal pembangunan dituntaskan dan semua yang jadi catatan diperbaiki.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berharap jalan ... Baca halaman selanjutnya