MotoGP Belanda: Quartararo Start Terdepan, Rossi Terpuruk

"Ia tampil konsisten dengan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 32,017 detik."
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, meraih pole position setelah jadi yang tercepat pada kualifikasi MotoGP Catalunya di Sirkuit Montmelo, Sabtu (15/6/2019). ( AFP/Lluis Gene)

KLIKPOSITIF - Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih pole position di kualifikasi MotoGP Belanda 2019, di sirkuit Assen Sabtu (29/6/2019). Ia tampil konsisten dengan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 32,017 detik.

Raihan pole position di MotoGP Belanda 2019 membuat pebalap rookie atau debutan berusia 20 tahun itu mencetak sejarah. Quartararo menjadi pebalap termuda yang berhasil mengamankan start terdepan secara beruntun di kelas MotoGP.

Sebelum sukses meraih pole, performa Quartararo sepanjang latihan bebas memang terbilang cukup memukau. Pembalap asal Perancis itu menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas (FP) pertama dan ketiga.

Sementara itu, posisi start kedua ditempati pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. Pembalap spanyol itu terpaut 0,140 detik dari Quartararo di posisi pertama.

Posisi ketiga sendiri ditempati oleh pembalap Suzuki Alex Rins. Rins tampil impresif setelah sebelumnya harus mengarungi sesi kualifikasi pertama (Q1) terlebih dahulu.

Pembalap Spanyol itu bahkan sempat mencatatkan namanya sebagai yang tercepat di Sirkuit Assen dengan raihan waktu 1 menit 32,461 detik sebelum kembali dipecahkan oleh Quartararo.

Jika duo Yamaha --Quartararo dan Vinales-- mampu tampil apik di sesi kualifikasi. Nasib sebaliknya dialami Valentino Rossi.

Rekan satu tim Vinales itu harus puas start dari posisi 14 setelah gagal tampil cepat di sesi kualifikasi pertama.

The Doctor --julukan Rossi-- sejatinya tampil cukup baik di sesi latihan bebas ketiga dengan berhasil merebut posisi lima. Namun, catatan Rossi dibatalkan lantaran dinilai sedikit keluar jalur pada tikungan ke-18.

Dilansir dari laman suara, keputusan itu membuat akumulasi catatan waktu Valentino Rossi dari FP1 hingga FP4 hanya di angka 1 menit 33,279 detik.

Berikut hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2019, Sabtu (29/6/2019:

1. F. QUARTARARO 1 menit 32,017 detik
2. ... Baca halaman selanjutnya