Danilo Petrucci: Peforma di Tikungan Desmosedici GP19 Meningkat

"Corner speed memang telah lama dianggap sebagai kelemahan besar motor skuat Ducati"
Danilo Petrucci (net)

KLIKPOSITIF-Pebalap Ducati Danilo Petrucci mengungkapkan, komponen baru yang dibawa Ducati pada tes Catalunya telah meningkatkan performa Desmosedici GP19 saat menikung.

Petrucci juga mengonfirmasi titik kelemahan Ducati ketika dilewati Alex Rins (Suzuki) dan rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di tikungan cepat saat balapan Catalunya.

Corner speed memang telah lama dianggap sebagai kelemahan besar motor skuat Ducati. Selama ini mereka lebih mengandalkan kekuatan pada top speed, akselerasi serta late braking.

“Saya balapan dengan Yamaha dan Suzuki. Kami sangat kuat dalam akselerasi dan pengereman, tetapi saya menderita di tikungan panjang,” terang Petrucci.

Setelah menguji coba komponen baru pada sasis Desmosedici GP19 Petrucci mengatakan, ada peningkatan di corner speed tanpa mengorbankan kekuatan pengereman.

“Tapi di bagian itu, motor kami tetap baik pada pengereman dan kami meningkatkan kemampuan dalam hal menikung. Jadi, itu bagus.”

Petrucci, menempati posisi ke-11 usai tes Catalunya, bakal menggunakan komponen baru Ducati pada MotoGP Belanda – yang mana kecepatan menikung di Assen adalah faktor krusial.

“Pastinya, hal kecil, namun saya kira sangat bagus untuk Assen. Kami kira itu baik untuk Assen, jadi kami mulai dengan ini. Kami menemukan banyak hal lain, untuk aerodinamika dan elektronik,” ucapnya.

Sementara itu, Andrea Dovizioso turut puas atas komponen baru Desmosedici GP19. Ia lebih kuat ketika masuk tikungan, serta mempertimbangkan untuk memakainya di Assen.

“Saya senang karena saya merasakan perbedaannya, sepertinya masuk tikungan sedikit lebih baik. Ini positif, tetapi sulit untuk mengatakan berapa banyak peningkatannya," ujarnya.