Soal Kecelakaan Catalunya, Rossi: Tikungan 10 Seperti Supermarket

"Rossi mengkritik Tikungan 10 layaknya supermarket."
Valentino Rossi (net)

KLIKPOSITIF-Berbeda dengan rekan satu timnya Vinales, Valentino Rossi tak menyalahkan Jorge Lorenzo soal insiden MotoGP Catalunya. Rossi malah mengkritik Tikungan 10 layaknya supermarket.

Sejak kecelakaan fatal yang berujung pada tragedi meninggalnya Luis Salom pada 2016, Tikungan 10 mulai digunakan untuk balap MotoGP. Bahkan musim yang sama pula, Andrea Iannone menyenggol Lorenzo.

“Saya berjuang agar tikungan [lama] Circuit of Catalunya dikembalikan, tikungan kiri yang sangat bagus. Namun untuk beberapa alasan, kami menggunakan ini. Tikungan ini seperti parkir supermarket.

Rossi menilai tikungan itu bukan tikungan trek balap. Di tikungan seperti ini lebih mudah terjadi kecelakaan. Menyoal insiden, Rossi memakluminya. Walau sebenarnya menyayangkan harus pulang dari Catalunya dengan tangan hampa. Pasalnya, ia merasa nyaman menggeber YZR-M1, serta punya kecepatan.

“Saya konstan. Saya merasa baik dalam pengereman dan saya menikmati mengendarai M1. Saya sangat optimistis untuk balapan,” tuturnya.

The Doctor mengaku merasa sedikit sakit di pergelangan kaki karena kakinya di antara dua motor. Tetapi hal ini merupakan hal yang wajar. "Seperti ini, inilah balapan, kadang terjadi,” ujarnya.

Sebelumnya Rossi, bersama Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales, harus tersingkir lebih awal. Imbas tabrakan beruntun membuat pembalap Yamaha itu tak dapat menghindar, dan akhirnya ikut gagal finis. Dovizioso dan Vinales sebelumnya telah menyampaikan kekecewaannya atas insiden yang dipicu oleh Lorenzo tersebut.