Tabrakan di Catalunya, Ini Klasemen Sementara MotoGP 2019

"Usai insiden, Marc Marquez melenggang ke finis tanpa perlawanan"
kecelakaan yang melibatkan sejumlah pebalap di Catalunya (net)

KLIKPOSITIF-Insiden tabrakan beruntun terjadi pada awal laga MotoGP Catalunya. Kecelakaan tersebut membuat pebalap-pebalap kuat tersingkir, hingga Marc Marquez melenggang ke finis tanpa perlawanan.

Balapan dimulai dengan Andrea Dovizioso yang melesat kencang dari pole empat untuk kemudian menduduki posisi terdepan, Minggu (16/6). Marquez berada di posisi kedua, Fabio Quartararo ketiga, sedangkan Lorenzo naik ke urutan kedelapan, dengan Maverick Vinales-Valentino Rossi dalam enam besar.

Belum genap lap pembuka, Lorenzo merebut posisi keempat. Ia pun bersiap menantang Dovizioso dan Marquez. Pada saat ini, Vinales telah berada di urutan ketiga, sementara Rossi masih berkutat di posisi keenam. Lap 2, tepatnya di Tikungan 10, terjadi drama. Marquez menyalip Dovizioso. Namun, saat bersamaan, Lorenzo berusaha menyodok ke depan. Tak diduga, ia justru memicu tabrakan beruntun.

Lorenzo menabrak Dovizioso, yang lalu keduanya mengenai Vinales. Rossi yang berada di belakang tidak dapat menghindar dan ikut tersungkur. Keempat pembalap itupun dipaksa gagal finis di Catalunya.

MotoGP Catalunya akhirnya dimenangi Marquez dengan keunggulan lebih dari 2,5 detik. Quartararo berhasil menaklukkan Petrucci untuk podium kedua. Adapun, Rins membayar kesalahan dengan finis keempat usai mengalahkan Jack Milller dan rekan setim Joan Mir.

Kemenangan di MotoGP Catalunya memantapkan Marc Marquez di puncak klasemen sementara. Ia juga memperpanjang keunggulan menjadi 37 poin Sang juara dunia bertahan kini mengoleksi 140 poin. Andrea Dovizioso, meski gagal finis, masih menempati peringkat kedua. Namun, pembalap Ducati itu hanya unggul dua poin atas Alex Rins.

Untuk peringkat keempat, kelima dan keenam tak ada perubahan. Tetap dihuni Danilo Petrucci, Valentino Rossi serta Jack Miller. Peringkat ketujuh sekarang diklaim Fabio Quartararo (51 poin). Takaaki Nakagami naik ke peringkat kedelapan (48 poin), begitu pula Pol Espargaro yang ... Baca halaman selanjutnya