Peforma RC213V Bantu Marquez Kembangkan Gaya Balap

"Untuk kali pertama, Marc balapan dengan memakai ban depan kompon soft"
Marc Marquez (net)

KLIKPOSITIF-Performa mesin Honda yang makin baik ikut membantu Marc Marquez dalam menggunakan gaya balap berbeda. Ini terlihat pada saat Marc memenangkan MotoGP Prancis akhir pekan lalu.

Untuk kali pertama, Marc balapan dengan memakai ban depan kompon soft, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Namun, hal paling mencolok adalah bagaimana Marquez sekarang dapat leluasa memilih gaya balap.

Selain itu, mesin RC213V yang lebih bertenaga, dikombinasikan sasis 2019, telah memungkinkan The Baby Alien menekan risiko pada late braking. Berkat kedua hal tersebut, Marquez pun jadi bisa mencetak lap time dengan cara yang berbeda.

“Saya senang karena ini pertama kalinya kami balapan memakai ban depan soft, tetapi tahun ini kami dapat berkendara dalam dua atau tiga cara berbeda,” katanya saat konferensi pers di Le Mans, Minggu (19/5).

Marc menjelaskan jika lalu timnya coba menemukan lap time di titik pengereman. Pada tahun ini mungkin Honda kehilangan sedikit di titik pengereman, namun berhasil mendapatkannya di area lain.
Cara ini merupakan yang tepat karena titik pengereman selalu berarti risiko. Dan risiko berarti sulit untuk konstan. “Kini kami bisa menemukan lap time di area lain. Saya dapat memakai ban yang berbeda dan gaya balap yang berbeda," kata Marc.

Salah satu asalannya, kata Marc adalah karena mesin Honda yang lebih bertenaga. Marc mengaku kini mengerti gaya balap Dovizioso dan Lorenzo tahun lalu.

“Masih ada beberapa titik lemah dan kuat, tetapi salah satu poin berbeda melawan Ducati adalah mesin. Tahun ini mesin kami lebih baik sehingga membuat saya percaya diri untuk berkendara dengan cara berbeda dan untuk menemukan lap time dengan cara yang berbeda," kata Marc.