Rossi Mengaku Kesulitan di Le Mans

"Rossi sempat mengalami masalah rantai motor lepas dan tercecer pada urutan ke-13 usai FP2."
Valentino Rossi (net)

KLIKPOSITIF-Valentino Rossi mengalami kesulitan dengan akselerasi di Le Mans. Ia juga bakal coba meningkatkan kecepatannya. Sirkuit MotoGP Prancis Le Mans secara karakter menguntungkan Rossi dan Yamaha. Namun ketika rekan setim Maverick Vinales menguasai FP2, The Doctor terancam Q1.

Menghuni posisi ke-10 saat FP1, Rossi sempat mengalami masalah rantai motor lepas, Rossi tercecer pada urutan ke-13 usai FP2. Alhasil, hasil kombinasi menempatkannya di tempat ke-14.

Rossi menjelaskan, bahwa terlambat memakai kompon ban soft menjadi penyebab kenapa posisinya tidak bagus saat menjalani FP2. Juga lantaran ia fokus pada kecepatan. “Saya berharap akan lebih kuat, tetapi pada akhirnya adalah hari yang sulit karena sudah sejak pagi ini saya tidak punya feeling yang fantastis. Saya sedikit menderita terutama dalam akselerasi,” tutur Rossi.

Dia menjelaskan pada awalnya tidak terlalu buruk, tetapi Rossi mencoba sesuatu yang berbeda untuk meningkatkan peforma. Menurutnya kecepatan di awal tidak begitu buruk, namun tidak menemukan solusi yang baik sehingga tim harus kembali bekerja di akhir latihan.

“Pada akhirnya saya hanya bisa menempuh satu lap [dengan ban soft] dan saya keluar dari 10 besar," ujarnya.

Akselerasi memang telah menjadi kelemahan berulang dari YZR-M1. Tak hanya itu saja, Rossi sendiri merasa dirugikan ketika membandingkan performanya dengan Vinales. “Saya tidak punya banyak grip dalam akselerasi dan saya tidak terlalu kuat. Saya kehilangan sedikit dibandingkan dengan Maverick. Jadi, saya tidak fantastis. Kami akan memperbaikinya,” ucap The Doctor.