KTM Tak Akan Mengganti Sasis

"KTM merupakan satu-satunya yang tidak menggunakan sasis spar kembar aluminium konvensional"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-CEO KTM Stefan Pierer, menegaskan bakal tetap mempertahankan konsep sasis teralis baja. KTM merupakan satu-satunya yang tidak menggunakan sasis spar kembar aluminium konvensional.

KTM Motorsports Director, Pit Beirer, menolak gagasan KTM harus mengganti sasis teralis baja demi mengejar kesuksesan di MotoGP. KTM bahkan mengkritik langkah Ducati yang berganti sasis.

“Jika kami mengikuti jejak Ducati, kami akan kalah. KTM terlibat dalam balap karena dua alasan. Pertama, berinovasi. Kedua, karena kami ingin menjual motor,” ungkap Pierer dilansir dari Motorsport.

Ducati sebelumnya memakai sasis teralis baja ketika debut Grand Prix pada 2003 silam. Bahkan skuat Borgo Panigale sukses merengkuh gelar juara MotoGP 2007.

Namun, pada 2009, Ducati beralih ke sasis serat karbon. Dan kemudian pada 2012, mengikuti jejak rival pabrikan Jepang dengan menggunakan sasis aluminum untuk membantu Valentino Rossi yang kesulitan.

Meski begitu, Pierer bersikeras bahwa timnya akan selalu memakai rangka baja. Ia juga menekankan, ingin motor balap KTM memiliki kemiripan dengan motor jalan raya.

Pierer lalu menunjukkan, bahwa konsep sasis baja merupakan bagaimana KTM telah mendominasi dalam disiplin motorsport roda dua, sesuatu yang diyakininya juga dapat diwujudkan di MotoGP.

“Kami tidak akan pernah mengesampingkan sasis tubular karena itu adalah salah satu keunggulan utama motor kami," ujarnya.