Suzuki Tak Akan Punya Tim Satelit di MotoGP Musim Depan

"Peluang Suzuki untuk mendapatkan tim satelit menjadi rumit"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Team Manager Suzuki Davide Brivio mengatakan Suzuki takkan mungkin memiliki tim satelit pada MotoGP musim depan. Brivio mengatakan, awal musim lalu pihaknya membuat kemajuan dalam mendapatkan tim kedua untuk 2020. Tetapi kini mengakui, bahwa ternyata butuh waktu lebih lama daripada yang ia bayangkan.

“Tim satelit tidak mungkin terjadi sebelum 2021,” ungkap Brivio dilansir dari Motorsport.

Peluang Suzuki untuk mendapatkan tim satelit menjadi rumit lantaran fakta sebagian besar skuat di MotoGP sekarang memiliki hubungan kuat dengan pabrikan lain. LCR, Tech 3, Pramac Racing dan Petronas SRT berhubungan dengan induk pabrikan masing-masing.

Tinggal tersisa Avintia Racing yang dapat diikat kontrak untuk bergabung dengan Suzuki pada 2020. Akan tetapi, Avintia Racing telah memperbarui kontrak dengan Ducati setidaknya satu tahun lagi, dengan opsi perpanjangan mencakup musim depan.

Sama seperti Suzuki, Aprilia juga pabrikan yang hanya menurunkan dua motor di grid. Namun skuat Noale telah memfokuskan pada peningkatan daya saing RS-GP, sebelum mengembangkan tim kedua.

Dan walau secara teori tersedia dua slot grid untuk tim baru, namun jatah ini disediakan oleh Dorna Sports SL kepada skuat VR46 milik Valentino Rossi – ketika The Doctor pensiun dari MotoGP.

Menemukan tim yang bersedia menurunkan motor satelit GSX-RR telah lama menjadi target Suzuki. Tahun lalu, Suzuki bahkan hampir menjalin kolaborasi dengan Marc VDS, sebelum skuat asal Belgia ini menghilang dari daftar peserta MotoGP 2019.