Latihan di Le Mans Bikin Zarco Makin Optimis

"Tiga balapan sudah dilalui dalam debutnya bersama KTM. Namun pembalap Prancis itu baru mencetak lima poin"
Johann Zarco (net)

KLIKPOSITIF-Kepercayaan diri Johann Zarco meningkat setelah menjalani uji coba di Le Mans. Zarco dapat bekerja jauh dari tekanan balapan MotoGP.

Tiga balapan sudah dilalui dalam debutnya bersama KTM. Namun pembalap Prancis itu baru mencetak lima poin. Berbanding jauh dengan rekan setim Pol Espargaro yang telah mengemas 18 poin. Bahkan rookie Miguel Oliveira mengoleksi tujuh poin.

Pekan lalu, Zarco dan Espargaro menjalani tes privat selama dua hari di Le Mans. Hadir pula pembalap tes Mika Kallio, sedangkan Dani Pedrosa absen karena masih harus memulihkan fisik pascaoperasi tulang selangka kanan.

“Sangat menyenangkan kembali naik motor tanpa tekanan dari FP1, FP2. (Tes) itu membantu saya untuk bekerja dengan baik,” kata Zarco.

Dia menjelaskan “walaupun dimulai jauh di belakang, namun selesai dalam basis tepat. Itu memberinya motivasi dan kepercayaan diri yang lebih baik.

"Saya senang, karena saya mengerti bahwa tekanan ditimbulkan pada diri kita sendiri adalah situasi pada dua sesi selama Jumat. Ketika kami tidak siap, sulit untuk siap, dan [ketika] kami tidak mulai pada level tinggi, sangat rumit untuk mencapai level ini," ujar Zarco dilansir dari Motorsport.

Zarco mengatakan di Le Mans, dia sudah bisa melihat bahwa apa yang tim lakukan ini berjalan dengan cara yang benar pula. Pengguna nomor #5 itu menjajal sasis berbeda yang membuatnya lebih baik dan membantunya untuk melaju lebih kencang. Bermodalkan hasil tes Le Mans, Zarco pun dalam kondisi siap menghadapi MotoGP Spanyol di Jerez.

“Perbedaan utama yang saya rasakan adalah saya menikung lebih baik. Saya tidak menekan lebih banyak di trek dan saya semakin cepat,” katanya.

Kendati demikian, Zarco menegaskan, tidak ada solusi ‘ajaib’ yang akan langsung membuatnya terdepan saat menggeber RC16.