Rossi: Marquez Tetap Favorit Juara

"Kalau tidak, Marquez akan sendirian di depan," ujar Rossi"
Valentino Rossi (net)

KLIKPOSITIF-Valentino Rossi mengatakan terjatuhnya Marc Marquez di Austin pekan lalu membuat perebutan titel MotoGP 2019 berjalan ketat.  Rossi pun menggarisbawahi hal tersebut, seandainya Marquez menang di MotoGP Amerika, pembalap Repsol Honda ini akan berada jauh di depan para rival-rivalnya.

“Ini bagus, tetapi kita harus katakan bahwa situasinya hanya seimbang karena Marquez jatuh. Kalau tidak, Marquez akan sendirian di depan," ujar Rossi dilansir dari Motorsport.

Tersingkirnya sang juara dunia bertahan membuka pintu bagi Alex Rins untuk meraih kemenangan perdana pada kelas premier, dengan Andrea Dovizioso kembali memuncaki klasemen sementara. Adapun, The Doctor tetap menduduki peringkat kedua.

DesmoDovi hanya unggul tiga poin atas Rossi, sedangkan Rins menguntit duo Italiano berbekal koleksi 49 poin. Dan walau gagal finis, Marquez terpaut sembilan poin dari Dovizioso, yang artinya masih punya peluang membalikkan keadaan.

“Ada empat pembalap dengan empat motor berbeda di empat besar klasemen, jadi ini sangat merata. Perebutan gelar juara telah membuat akhir pekan sangat hidup dan kadang-kadang dapat terjadi ketika salah satu pembalap tercepat di luar Q2, seperti yang terjadi dengan Dovizioso,” katanya.

Rossi menilai  Marquez tetap favorit, karena di Qatar dia yang kedua, di Argentina dia mendominasi. dan di Austin Marc akan menang jika dia tidak jatuh.

"Jadi ya, dia tetap favorit,” kata Rossi.

Dua kali beruntun mengamankan podium kedua, The Doctor seolah mengulangi pencapaian saat membuka awal musim 2017. Pembalap Italia itu sendiri mengakui, penampilannya membaik dibanding tahun lalu, serta menunjukkan perubahan besar yang dilakukan Yamaha terhadap struktur manajemen balap 2019.