Alex Rins, Juara Baru di MotoGP Amerika

"Rins merengkuh kemenangan perdana usai mengalahkan Valentino Rossi dalam duel untuk posisi pertama"
Alex RIns berhasil mengalahkan Rossi dalam duel untuk posisi pertama (net)

KLIKPOSITIF-Rekor cemerlang Marc Marquez di Circuit of The Americas (COTA), Austin harus berakhir. Pasalnya niat Marc untuk melanjutkan dominasi di sirkuit unggulannya itu harus berakhir.

Adalah Alex Rins yang menjadi juara baru di COTA. Rins merengkuh kemenangan perdana usai mengalahkan Valentino Rossi dalam duel untuk posisi pertama, setelah Marc Marquez yang memimpin dari awal balapan harus istirahat lebih dulu lantaran terjatuh.

dari pole position, Marquez langsung melesat untuk memimpin. Rossi kedua, Cal Crutchlow ketiga, Miller keempat dan Rins pada posisi kelima. COTA memang sirkuit yang dikuasi dengan baik oleh Marquez. Sengan mudahnya membuka jarak, walau Rossi sebenarnya cukup membayangi The Baby Alien. Di luar dugaan. Ketika telah unggul lebih dari tiga detik, Spaniard tersungkur di Tikungan 12 pada Lap 9.

Posisi puncak pun diambil alih Rossi. Rins yang naik ke urutan kedua memberikan perlawanan ketat. Secara konsisten, Rins, memangkas selisih jarak. Rins berhasil menyalip sang rival di Tikungan 7 pada empat lap tersisa. Rossi berupaya membalas di Tikungan 12, tapi sayang, ia melebar.

Rins akhirnya keluar sebagai pemenang, sekaligus mempersembahkan podium tertinggi yang kali terakhir dirasakan Suzuki di Silverstone 2016. Ini juga merupakan kemenangan perdana Rins di kelas premier sejak debut MotoGP pada musim 2017. Rossi finis kedua, dengan Miller mengantarkan Pramac Racing untuk podium ketiga.

Andrea Dovizioso mengamankan posisi keempat, di depan Franco Morbidelli dan Danilo Petrucci. Rookie Fabio Quartararo menorehkan hasil impresif, yakni finis ketujuh. Dan urutan kedelapan diklaim Pol Espargaro, diikuti Francesco Bagnaia serta Takaaki Nakagami.

Maverick Vinales dan Joan Mir melakukan jump start, dengan duo Spanyol itu akhirnya finis ke-11 dan ke-17. Sementara nasib sial dialami Jorge Lorenzo lagi. Honda RC213V yang dikendarainya dihantam masalah teknis pada Lap 14. MotoGP berikutnya ... Baca halaman selanjutnya