Mantan Teknisi Ferrari Sebut Perangkat Aerodinamika Ducati Hasilkan Downforce

"“Sudah jelas bahwa winglet Ducati menghasilkan downforce," ujar Toni Cuquerella"
Tim Ducati (net)

KLIKPOSITIF-Terkait persoalan aerodinamika yang dihadapi Ducati, Mantan engineer Ferrari Toni Cuquerella mengatakan jika perangkat di swing arm belakang Desmosedici GP19 menghasilkan downforce. Dilansir dari Motorsport Toni meyakini, serta tidak diragukan lagi, komponen anyar menciptakan beban aerodinamika.

“Sudah jelas bahwa winglet Ducati menghasilkan downforce. Pertama-tama, karena bagian apa pun yang mengekspos cara seseorang menghasilkannya, itu bahkan dapat membantu mengurangi hambatan motor,” katanya.

Dia menjelaskan efek yang diciptakan memiliki dampak langsung pada bagian belakang. Karena itu melekat pada swing arm, aliran udara tidak boleh lewat melalui bagian lain dari motor. Menurutnya masalahnya ada pada cara aturan ditulis,

"Anda membuka kotak Pandora karena mungkin tidak ada cara spesifik untuk melarangnya," katanya.

Toni Cuquerella yang kini menjabat Chief Engineer tim balap Formula E Mahindra Racing, menambahkan FIM sekarang harus mengklarifikasi situasi. Tampak jelas Ducati unggul dalam hal aerodinamika, dan bahwa mereka sangat pintar menafsirkan kekosongan dalam aturan.

Honda, Aprilia, Suzuki dan KTM memprotes serta mempertanyakan legalitas komponen baru Ducati usai gelaran MotoGP Qatar. Walau skuat Borgo Panigale menegaskan fungsi utamanya untuk mendinginkan ban belakang, tetapi rival tetap meyakini perangkat itu menghasilkan downforce tambahan.

Protes yang diajukan keempat pabrikan telah ditolak, dan kini semua pihak yang terlibat menunggu hasil keputusan Pengadilan Banding FIM – bakal diumumkan sebelum balapan di Termas de Rio Hondo akhir bulan ini.