Tak Maksimal di Qatar, Vinales Ubah Gaya Balapan

"Vinales melakukan start yang buruk di Qatar"
Maverick Vinales (net)

KLIKPOSITIF- Maverick Vinales mengatakan bakal mengubah gaya balapnya pada MotoGP Argentina. Hal ini disampaikan usai raihan tak memuaskan saat putaran pembuka MotoGP Qatar,

Vinales merebut pole position, namun melakukan start buruk dalam balapan akhir pekan lalu. Tak hanya terlempar keluar dari lima besar dan menghabiskan sebagian besar waktunya pada posisi ketujuh dan finis dengan selisih hampir tiga detik.

Yamaha memang tidak memiliki kekuatan dalam hal top speed jika dibandingkan dengan Ducati atau Honda. Vinales pun mencoba menyiasatinya dengan kecepatan di tikungan. Namun menurut Vinales keunggulan itu menghilang selama balapan.

“Ketika saya sendirian, saya bisa mencetak catatan waktu. Tetapi ketika saya dalam rombongan, rasanya sangat sulit. Saya harus mengendarai (motor) dengan gaya balap yang sama sekali berbeda,” katanya dilansir dari Motorsport.

Vinales menjelaskan racing line idealnya adalah langsung mengerem, merebahkan motor, corner speed dan tidak menekan ban ketika membuka gas. Hal bisa melakukan itu ketika dia membalap sendirian. Tapi dengan banyaknya pembalap yang bertarung, dia harus menutup racing line.

"Saya harus bersama pembalap lainnya. Karena itulah saya harus mengubah gaya balap," ujarnya.

Jadinya Vinales mengerem lebih dalam, melakukan serangan pada motor, dan menekan bagian depan. Dia juga harus membuka gas penuh sangat awal. Dan itu membuatnya mulai kesulitan.

“Namun sekarang saatnya untuk memperbaiki, juga area pengereman. Kami cukup banyak meningkat, tetapi tidak cukup," katanya.

Kendati putaran kedua MotoGP baru akan dipentas akhir bulan nanti, Vinales rupanya telah menyiapkan rencana. Ia bakal melakukan simulasi balap selama sesi latihan di Termas de Rio Hondo. Hal ini agar gaya balapnya lebih kompetitif.