Soal Perangkat Aerodinakima, CEO Aprilia Sebut Ducati Sudah Diperingatkan

"Rivola merupakan orang di balik protes empat pabrikan yakni, Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia terhadap Ducati"
CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola (net)

KLIKPOSITIF-CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola mengungkapkan jika Ducati telah diperingatkan MotoGP, terkait perangkat aerodinamika di swing arm. Menurut Rivola penggunaan itu adalah ilegal.

Rivola mengatakan, Aprilia sebenarnya tengah mencari perangkat yang sama. Namun, Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge menginformasikan pada 19 Februari, bahwa komponen baru hanya akan diizinkan dalam kondisi basah, seperti yang digunakan Yamaha saat Valencia 2018.

“Pada balapan terakhir tahun lalu, di Valencia, Yamaha memakai sejenis sendok yang terpasang di swing arm ( berguna untuk membuang air saat hujan dan dengan alasan keselamatan,” tutur Rivola dilansir dari La Gazzetta dello Sport.

Dia kemudian menjelaskan perihal protes yang diajukan empat pabrikan. Menurutnya tindakan protes tersebut bukanlah tindakan melawan Ducati. Mereka mengaku tidak ingin menimbulkan kejengkelan siapa pun.

“Yang saya temukan serius adalah email di mana solusi kami bertanggal 19 Februari ditolak, dan setelah seminggu ada satu hal lagi yang jelas dipelajari panjang lebar oleh Ducati.”

Rivola pun mengatakan, bahwa menggunakan winglet menghasilkan keuntungan aerodinamika, sembari turut menunjukkan dengan pemasangan di swing arm – area yang bergerak – bisa dibilang membuat komponen aerodinamika dapat dipindahkan.

“Apa yang dilakukan elemen ini cukup mudah untuk dikerjakan. Sebuah studi sederhana tentang dinamika fluida menunjukkan semua yang Anda lakukan di depan memiliki efek pada apa yang ada di belakang,” terangnya.

Pada ini, kata Rivola, aliran udaranya sangat cepat. Jika memasang winglet, itu menghasilkan beban. Winglet tidak dapat bergerak. Winglet tidak dengan sendirinya (bergerak). Namun jika dipadang ke swing arm yang bergerak, itu memiliki efek berbeda, tergantung apakah mengerem atau tidak.

Rivola merupakan orang di balik protes empat pabrikan – Honda, ... Baca halaman selanjutnya