Limapuluh Kota Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Final Minangkabau Cup II

Salah satu laga antara Kecamatan Akabiluru (Hijau Kuning) dan Kecamatan Guguak (Biru Hitam) di Lapangan Gelora Bakti Tanjuang Jati, Kabupaten Limapuluh Kota - KLIKPOSITIF/Ade Suhendra
Salah satu laga antara Kecamatan Akabiluru (Hijau Kuning) dan Kecamatan Guguak (Biru Hitam) di Lapangan Gelora Bakti Tanjuang Jati, Kabupaten Limapuluh Kota - KLIKPOSITIF/Ade Suhendra (istimewa)

KLIKPOSITIF, LIMAPULUH KOTA -- Berdasarkan Surat Penunjukkan Tuan Rumah Semi Final Minangkabau Cup II Nomor 39/PAN-MC-II/III-2019, Panitia Pelaksana Minangkabau Cup menunjuk Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tuan rumah pelaksanaan semi final dan final Minangkabau Cup II 2018-2019. Laga pamungkas ini akan digelar pada 16-17 Maret 2019 untuk semi final dan 23 Maret 2019 untuk final.

Direktur Turnamen Minangkabau Cup II Yulius Dede saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan penunjukkan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tuan rumah yaitu di Lapangan Gelora Bakti Tanjung Jati merupakan keputusan dari panitia pusat.

Ia menilai sejak bergulirnya Minangkabau Cup di babak penyisihan, babak 35 besar, babak 16 besar dan babak 8 besar dinilai berjalan dengan lancar dan antusias penonton cukup memberikan gairah terhadap sepakbola Sumatra Barat khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga

"Sebagaimana tagline kita yaitu Sepakbola Badunsanak, kami dari panitia ingin memberikan kesempatan kepada daerah-daerah yang ada di Sumbar untuk mendapatkan perhatian khususnya dalam olahraga sepakbola. Sekaligus ingin memberitahukan kepada semua pihak mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan bahkan nasional bahwa sepakbola di Sumbar sangat bergairah khususnya di daerah-daerah," kata Yulius Dede, Kamis 14 Maret 2019.

Ia menjelaskam sebelumnya, Ketua Umum dan Ketua Harian Minangkabau Cup II Ola Sulrajeni dan Hardimen Koto juga menilai bahwa Lapangan Gelora Bakti Tanjuang Jati layak menjadi tuan rumah. Saat ini dikatakannya ada empat tim kecamatan yang menjadi semi finalis mengajukan diri menjadi tuan rumah yaitu Kecamatan Kuranji (Padang), Kecamatan Talawi (Sawahlunto), Kecamatan Padang Panjang Timur (Padangpanjang), dan Kecamatan Guguak (Kabupaten Limapuluh Kota).

"Namun untuk penunjukkan ini maka kami panitia pusat telah menunjuk Kecamatan Guguak yang memiliki Lapangan Gelora Tanjuang Jati sebagai tuan rumah digelarnya laga semi final dan final. Alhamdulillah selama pertandingan berlangsung di sini, panpel lokal telah bekerja dengan baik dan bekerjasama dengan forkopimda setempat serta pihak keamanan dalam melangsungkan pertandingan," katanya.

Sebagai Direktur Pertandingan, Yulius Dede berharap pertandingan dapat berjalan lancar sesuai dengan regulasi yang ada dan telah ditetapkan. Kemudian nantinya diharapkan juga dapat menggaet animo penonton di Sumbar untuk menggairahkan olahraga sepakbola di daerah-daerah.

"Penunjukkan ini juga ingin memberitahukan bahwa inilah lapangan di daerah yang layak dan membutuhkan perhatian dari berbagai pihak agar olahraga sepakbola terus menggeliat di Sumbar. Kemudian juga ingin memberikan motivasi kepada masyarakat di daerah-daerah agar terus membina pemain sepakbola dan merawat lapangan yang ada saat ini," ujar Ketua Asprov PSSI Sumbar tersebut.

[Ade Suhendra]

Penulis: Agusmanto