Ini Kunci Kemenangan Dovizioso di Qatar

"Menurut Dovi kesalahan pada dua lap terakhir justru jadi kunci kemenangannya"
Andrea Dovizioso (net)

KLIKPOSITIF-Andrea Dovizioso membuka kunci kemenangannya setelah tampil tercepat di balapan MotoGP Qatar Minggu 10 Maret lalu. Menurut Dovi kesalahan pada dua lap terakhir justru jadi kunci kemenangannya.

“Ketika saya melakukan kesalahan, saya melihat Marquez kesulitan dengan grip belakang. Itu memberi saya motivasi ekstra, karena saya memahami sesuatu di beberapa tikungan, di mana saya bisa lebih cepat dibanding dia," ujarnya.

Dovi menyadari Marc akan mencoba menyalipnya. Hanya saja menurutnya, jika dia keluar tikungan dengan sangat cepat, sulit bagi Marc untuk mencoba melewati. Jika Marc ingin menyalip, dia harus mengambil risiko besar dan agak lama.

Peluang menjejaki podium tertinggi sempat terancam ketika Dovizioso melebar di Tikungan 4, sekaligus membuka jalan bagi The Baby Alien untuk mengambil alih posisi terdepan. Turun urutan kedua, Dovi malah memanfaatkan kesalahannya dengan menguntit ketat Marquez hingga trek lurus jelang lap terakhir. Pada  akhirnya, ia menaklukkan sang rival di Tikungan 16.

Andrea Dovizioso memang tampil dominan di balapan pembuka MotoGP Qatar 2019. Dia memimpin selepas start, walau mendapat tekanan kuat dari Alex Rins dan kemudian Marc Marquez. Saat ini Dovi memimpin klasemen sementara, unggul lima poin atas Marquez. Modal penting jelang seri kedua MotoGP di Termas de Rio Hondo, Argentina pada 31 Maret mendatang.