Kemenangan Diprotes, Status Juara Dovizioso di Pengadilan Banding

"Ducati mendapat protes dari Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki perihal perangkat aerodinamika pada swing arm "
Kemenanga Dovizioso kini berada di pengadilan banding (net)

KLIKPOSITIF-Usai keluar sebagai pebalap tercepat pada MotoGP pertama 2019 di Qatar, Andrea Dovizioso yang mengendarai Ducati Desmosedici GP19 menuai protes dari banyak pihak.

Ducati mendapat protes dari Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki perihal perangkat aerodinamika pada swing arm (lengan ayun), diyakini untuk mendinginkan ban belakang. Perangkat yang sebelumnya telah diuji coba Danilo Petrucci itu lalu digunakan Dovizioso dan Petrux sepanjang balapan, Minggu 10 Maret lalu.

Namun protes ini telah ditolak oleh MotoGP Stewards Panel menolak protes dari sejumlah pabrikan ini terhadap Ducati. Andrea Dovizioso tetap dinyatakan sebagai pemenang balapan pembuka Qatar 2019.

Keputusan itu diambil setelah investigasi dilakukan oleh departemen teknis MotoGP. Akhirnya keluar keputusan, protes terkait legalitas perangkat aerodinamika milik pabrikan Italia ditolak. Komponen baru milik Ducati ini dianggap sah.

Dalam pernyataan resminya, MotoGP menyatakan: “Berdasarkan pedoman dan regulasi yang berlaku saat ini, FIM MotoGP Stewards Panel menolak protes tersebut.”

Artinya kemenangan pada balapan pembuka Qatar tetap menjadi milik Dovizioso. Begitu pula raihan finis keenam yang dicetak rekan setim Petrucci. Namun informasi terbarunya, MotoGP kembali merilis pertanyataan bahwa permasalahan antara Ducati dengan empat rival pabrikannya telah dirujuk ke Pengadilan Banding MotoGP.

Hasil balapan MotoGP Qatar 2019 memang sudah final, tetapi kini nasib kemenangan Dovizioso bergantung pada keputusan Pengadilan Banding MotoGP.