Inkanas Sumbar Targetkan 5 Besar pada Kejurnas Inkanas Piala Kapolri VIII

"Kejurnas Inkanas Piala Kapolri VIII 2019 dilaksanakan di Padang pada 8-10 Maret 2019 mendatang"
Ketum Inkanas Sumbar Irwan Prayitno serahkan bonus kepada atlet Inkanas berprestasi pada Kejuaraan Piala Danrem di Pessel, 28-31 Desember 2018 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengurus Daerah (Pengda) Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sumatera Barat (Sumbar) targetkan 5 besar pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Inkanas Piala Kapolri VIII 2019 di Padang pada 8-10 Maret 2019 mendatang.

"Sebagai tuan rumah, kita rasa wajar manargetkan 5 besar. Kita bisa mencontoh pada setiap pergelaran olahraga yang ada dimana saja. Beberapa waktu lalu, sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil duduk di peringkat 4 pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang," ujar Ketua umum Inkanas Sumbar Irwan Prayitno saat pembukaan Pelatda Inkanas Sumbar untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) Inkanas Piala KAPOLRI VIII 2019, Sabtu (19/1/2019) malam di Aula Kantor Gubernur Sumbar.

Selain faktor tuan rumah, Irwan juga menyampaikan alasan lain mengapa Inkanas Sumbar mampu "berbicara" lebih banyak pada even yang dilaksankan 2 tahun sekali tersebut.

"Untuk pelaksanaan tahun 2019 ini kita mempersiapkan diri lebih baik dan matang, dibandingkan dengan persiapan saat kejuaraan sebelumnya di Semarang, Jawa Tengah," terangnya.

Dijelaskannya, untuk proses seleksi atlet yang akan mengikuti Pelatnas ini tidak ada sama sekali KKN, karena dengan KKN hanya membuat kerugian untuk Inkanas Sumbar sendiri nantinya.

"Secara pribadi sewaktu saya menjadi Ketua Komisi X DPR RI (ruang lingkup pendidikan, olahraga dan sejarah), sudah melihat langsung hasil KKN dibidang olahraga, dan jauh dari yang diharapkan," sebutnya.

Ia juga mengatakan, untuk mencari atlet terbaik bisa dilihat dari bakat minat para atlet, dan para pelatihlah yang harus jeli melihat hal tersebut.

Sebelumya, pada Kejurnas Inkanas Piala Kapolri VII 2017 di Semarang, Jawa Tengah, Inkanas Sumbar berhasil meraih peringkat 7, dengan raihan 4 (empat) medali emas, 7 (tujuh) medali perak dan 15 (lima belas) medali perunggu.

[Joni Abdul Kasir]