MotoGP Musim Ini, Tekanan Berada Pada Marquez

"Honda adalah tim Marquez, motornya telah dikembangkan untuk Marquez sedangkan Lorenzo datang dari Ducati."
Marc Marquez (net)

KLIKPOSITIF-Pebalap legenda Yamaha Wayne Rainey mengatakan Marc Marquez akan menjadi pihak yang tertekan pada balapan musim ini. Tekanan ini lantaran bergabungnya rekan satu tim barunya di Repsol Honda, Jorge Lorenzo.

Tak butuh waktu lama, X-Fuera mulai nyetel dengan RC213V pada dua tes awal, Valencia dan Jerez. Meski demikian, Lorenzo bergabung dalam tim yang dibangun dengan Marquez sebagai porosnya.

Menurut Rainey, hal tersebut menjadi alasan bagi Lorenzo untuk tidak langsung mengalahkan Marquez sejak musim pertama.

“Lorenzo akan memiliki motivasi besar untuk menekan Marquez,” ujar Rainey.

Lorenzo, kata dia lagi, bisa diprediksi. Dia membalap dengan cara tertentu. Risiko yang diambil akan selalu membawanya ke garis finis. Jika ia dapat menekan Marquez, dan membuatnya melakukan kesalahan, ini bagus untuk Lorenzo.

Menurut Rainey tekanannya ada di Marquez dibanding Lorenzo, karena Lorenzo datang dari Ducati. Honda adalah tim Marquez, motornya telah dikembangkan untuk Marquez.

Rainey juga menekankan fakta bahwa Marquez lebih sering terjatuh dibanding pembalap lainnya musim lalu. Legenda Yamaha itu menyarankan The Baby Alien menekan angka kecelakaan demi mengurangi risiko cedera.

“Jika Marquez terjatuh lebih dari 20 kali lagi, mungkin ia merugikan dirinya sendiri. Kesalahan seperti itu akan jadi bumerang baginya,” ujarnya.

Wayne Rainey merupakan salah satu pebalap legenda di Yamaha. Dia pemenang tiga gelar juara dunia 500cc beruntun bersama Yamaha dalam kurun 1990-1992. Kini dia menjabat sebagai Presiden MotoAmerica.