Dovizioso Tutup MotoGP 2018

Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso (net)

KLIKPOSITIF -Andrea Dovizioso menutup MotoGP musim 2018 dengan kemenangan pada balapan penuh drama. Dovi yang memulai balapan dari posisi ketiga berhasil memotong Vinales dan memberi perlawanan sengit.

Marc Marquez yang telah dipastikan juara tidak bernasib baik pda balapan ini. Usai mengalahkan Espargaro, dia tersungkur ketika hendak mengincar posisi Dovizioso. Marc, terjatuh di Tikungan 9 pada Lap 7 dan langsung dinyatakan tidak finis.

baca juga: Jorge Lorenzo Impikan Formula 1, Bosan dengan MotoGP?

Setelah balapan kelas Moto3 dan Moto2 selesai hujan deras mengguyur Circuit Ricardo Tormo, Minggu yang membuat lintasan basah dan licin sejumlah menyebabkan para pembalap mengalami kecelakaan.

Sebelum Marc, ada Danilo Petrucci dan Espargaro yang mengalami kecelakaan. Jumlah pebalap yang jatuh terus bertambah, tak lama berselang giliran, Vinales yang terjatuh.

baca juga: Jorge Lorenzo Kembali Naik Meja Operasi

Vinales yang membalap di belakang Rins tengah mengincar posisi ketiga saat dia terjatuh, pada saat bersamaan, rookie Franco Morbidelli serta Bradley Smith tersingkir.

Saat memasuki Lap 15, usai Dovizioso-Rossi menguasai dua besar, memanfaatkan Rins melebar satu lap sebelumnya, Red Flag dikibarkan Marshal. Hal ini karena kondisi trek yang dianggap berbahaya. Balapan diulang karena 3/4 jarak tempuh belum terpenuhi.

baca juga: Peluang Juara Dunia ke 10 Masih Terbuka Lebar untuk Rossi

Ada pun, posisi start mengacu pada Lap 13. Rins start pole position, Dovizioso dan Rossi melengkapi baris depan, dengan jumlah lap adalah sebanyak 14 putaran. Smith yang berhasil membawa motor KTM ke garasi bisa ikut, memulai dari grid ke-16.

Setelah menunggu selama 40 menit, MotoGP Valencia kembali dilanjutkan. Rins melesat lagi. Dovizioso di belakangnya, dibuntuti Rossi, Dani Pedrosa. Satu lap berselang, DesmoDovi menaklukkan Rins, dan mulai mengontrol jalannya balapan.

baca juga: Aturan Baru di MotoGP Musim 2019

Pada Lap 10, Rossi tersungkur di Tikungan 12. Untungnya, pembalap Yamaha itu bisa melanjutkan balapan. Menjelang lap-lap akhir, laju kencang Dovizioso sulit dibendung.

Dovi meraih podium tertinggi keempat musim ini usai Qatar, Brno dan Misano. Juga kali pertama ia akhirnya menaklukkan Circuit Ricardo Tormo, dengan mengantarkan Ducati menang sejak 2008. Rins mengamankan finis kedua, dengan Espargaro dan pabrikan KTM berpesta atas keberhasilan podium ketiga.

Penulis: Ramadhani