Atlet Panahan Kota Payakumbuh Ingin Pecah Telur Medali Emas di Porprov 2018

"Ia merupakan atlet peraih tiga medali perak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-XIV 2016"
Zaki Purnama saat berlatih di depan kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis 15 November 2018 (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Atlet panahan Kota Payakumbuh optimis bisa pecah telur di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Padang Pariaman. Atlet tersebut adalah Zaki Purnama (38).

Ia merupakan atlet peraih tiga medali perak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-XIV 2016 di Padang.

Di Padang 2016 lalu, ia merebut tiga medali perak di nomor master recurve jarak 70 meter, aduan recurve 70 M, dan babak eliminasi recurve. Untuk cabang olahraga panahan sendiri baru akan dipertandingkan di Porprov ke-XV 2018 pada 21 November ini.

"Saya mulai menekuni olahraga panah semenjak usia 34 tahun. Itu sejak pertama dibentuknya kepengurusan cabang olahraga Perpani Kota Payakumbuh. Alhamdulillah pada 2016 dipercaya ikut Porprov Sumbar dan meraih tiga perak," katanya saat ditemui KLIKPOSITIF di sela-sela latihan di depan kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis 15 November 2018.

Untuk Porprov 2018 ini, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Payakumbuh menurunkan sebanyak 30 atlet dan tiga offisial.

Dengan pencapaian empat perak di Padang dua tahun silam, di Padang Pariaman Perpani Kota Payakumbuh ditargetkan untuk bisa merebut medali emas.

"Untuk Pengurus Cabang Perpani Payakumbuh, setelah mendapat perak pada 2016 maka di tahun 2018 kami ditargetkan minimal meraih satu emas. Kami tidak ingin terlalu takabur ataupun pesimis," lanjutnya.

Lebih lanjut, Zaki menyebut, untuk memastikan bisa tampil maksimal pada pesta olahraga multi ivent di Padang Pariaman nanti, ia secara pribadi dan juga seluruh atlet panahan Payakumbuh berlatih rutin setiap harinya di depan kantor Wali Kota Payakumbuh.

"Memang ada teori-teori untuk meningkatkan performa tanding kita. Diantaranya harus melepaskan 200 anak panah setiap hari, untuk menjaga teknik dan menjaga kebugaran tubuh, tiga kali dalam seminggu jogging untuk menjaga stamina," terangnya.

Bicara pesaing, ia menyebut dua daerah yang pada ... Baca halaman selanjutnya