Juara Baru Tour de Singkarak Itu Bernama Jesse Ewart

"Jersey kuning yang direbutnya sejak Etape ke-3 mutlak menjadi miliknya hingga balapan sepeda terbaik di Indonesia ini berakhir"
Juara TdS 2018, Jesse Ewart (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team Malaysia menjadi pebalap terbaik Tour de Singkarak (TdS) 2018. Setelah menyelesaikan etape terakhir di Pariaman, cacatan waktu Jesse mencapai 43 jam 41 menit 14 detik.

Jersey kuning yang direbutnya sejak Etape ke-3 mutlak menjadi miliknya hingga balapan sepeda terbaik di Indonesia ini berakhir. “Hari ini balapan yang berat. Saya senang bisa konsisten hingga akhir,” ujarnya usai balapan di Pariaman, Minggu 11 November 2018.

Di bawah Jesse, ada Nikodemus Holler yang catatan waktunya hanya tertinggal 10 detik. Holler tampil sebagai pebalap tercepat di etape terakhir ini. Sedangkan di peringkat tiga ada Ariya Phousavath dari Thailand Continental Cycling Team. Tiga nama ini memang telah bersaing ketat sejak Etape ke-2.

Oleksandr Polivoda dari Ningxia Sports Lottery-Livall Cycling meneruskan dominasinya. Dia membawa pulang gelar sprinter terbaik dan sekaligus Raja Tanjakan. Dia pebalap yang paling sering memenangkan gelar ini. Sejak Etape 7, jersey ini telah menjadi miliknya.

Untuk gelar tim terbaik dalam balapan ini jatuh ke tangan Thailand Continental Cycling Team dengan total waktu 131 jam 09 menit 14 detik. Disusul oleh Bike Aid dengan selisih 34 detik. Sedangkan, Tim Indonesia paling menonjol KFC Cycling Team menjadi tim terbaik ketiga dengan selisih waktu 4 menit 42 detik.

KFC juga memastikan gelar tim terbaik Indonesia. Pebalapnya Abdul Soleh menjadi pebalap Indonesia tercepat dengan total waktu 43 jam 44 menit 02 detik. “Awalnya kita optimis bisa mengejar waktu dan jadi tim terbaik. Tapi kondisi di lintasan berbeda. Ini hasil yang bagus dan hasil kerja keras tim,” ujar Soleh.

PGN Road Cycling Team menjadi tim terbaik Indonesia kedua. Pebalapnya Dadi Suryadi yang pernah jadi pemenang kedua TdS 2016 menjadi pebalap ... Baca halaman selanjutnya