Aturan Baru di MotoGP Musim 2019

"Mulai musim 2019, semua pembalap MotoGP wajib menggunakan helm berhomologasi."
Marc Marquez (Net)

KLIKPOSITIF -- Aturan baru selalu dibuat menjelang musim baru MotoGP. Begitu juga dengan musim 2019, akan ada aturan baru untuk pembalap MotoGP.

Mulai musim 2019, semua pembalap MotoGP wajib menggunakan helm berhomologasi.

Standard helm baru pembalap MotoGP ini sesuai dengan keputusan Komisi Grand Prix setelah rapat besar di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu (3/11).

Helm baru nantinya mengacu pada homologasi Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai pengganti standard internasional sebelumnya (ECE, Snell dan JIS).

Menurut standard yang baru, helm berhomologasi FIM telah melewati serangkaian evaluasi kinerja yang lebih mantap. Selain itu masalah keamanan yang disesuaikan dengan kecepatan pembalap.

Label homologasi FIM nantinya akan mengidentifikasi setiap helm pembalap yang berkompetisid di Grand Prix. Caranya dengan memindai label kode QR dan secara otomatis informasi mengenai fitur-fitur helm dan validitas homologasi akan didapat.

Tak cukup sampai di situ, hologram FIM 3D akan menampilkan nilaim keamanan tinggi ke label untuk menjamin keistimewannya.

Sumber: suara.com