Kehilangan Dua Pemain, Timnas Futsal Indonesia Wajib Menang Lawan Kamboja

"Kensuke menegaskan dia mewajibkan anak asuhnya menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya"
Jumpa pers AFF MNC Futsal Championship 2018. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Usai menelan kekalahan di laga kedua AFF MNC Futsal Championship 2018 saat bertemu Malaysia, Indonesia harus menang lawan Kamboja, Rabu 7 November 2018 nanti siang. Perjuangan berat harus dilakoni anak asuh Kensuke Takahashi karena dua pilarnya mengalami cedera saat lawan Malaysia.

Kensuke mengatakan kehilangan dua pemain yaitu M. Iqbal Rahmatullah dan Andri Kustiawan menjadi salah satu alasan kekalahan atas Malaysia. Namun, Kensuke menegaskan dia mewajibkan anak asuhnya menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya

"Main nanti kami wajib menang agar bisa lolos. Kami tidak peduli berapa skor yang akan dicetak nanti, tapi kemenangan harus didapatkan hari ini," kata pelatih asal Jepang ini.

Dalam menghadapi Kamboja, para pemain harus memperbaiki beberapa kesalahan yang menurutnya berasal dari pemain. Memperbaiki kesalahan pemain ini butuh waktu dan pengalaman.

"Dengan pengalaman pasti bisa kita perbaiki. Seharusnya kita bisa tak kebobolan dengan kesalahan basic pada menit awal. Jika tak kebobolan lebih dulu hasilnya akan berbeda," tandasnya.

"Awal babak pertama melawan Malaysia, pemain tidak bisa mengontrol diri dan banyak melakukan kesalahan. Ini tidak boleh terjadi lagi saat lawan Kamboja," ujarnya.

Meskipun menelan kekalahan, Kensuke menjelaskan banyak hal positif yang didapatkan oleh timnya. Salah satunya mendapatkan kondisi atau tekanan yang tidak dihadapi saat latihan sehingga ke depan, Indonesia harus mampu mengantisipasi hal ini.

Indonesia sendiri akan lakoni laga terakhir melawan Kamboja di fase grup A. Untuk bisa lolos, Bambang Bayu Saptaji dkk harus menang karena usai kalah atas Malaysia, kini Indonesia berada di posisi 3 klasemen grup A AFF MNC Futsal Championship 2018.

[Ade Suhendra]