Pebalap Indonesia Jawara Etape 1 Tour de Singkarak 2018

"Memulai balapan dari Bukittinggi, Jamal bertarung dalam beberapa titik sprint"
Pebalap Indonesia memimpin di etape I TdS 2018 (Ist)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Pebalap Indonesia, Novardianto Jamaludin berhasil finis pertama pada etape 1 Tour de Singkarak 2018. Jamal yang memperkuat PGN Cyling Team berhasil mencatatkan waktu tercepat saat menempuh rute Bukittinggi -Sijunjung sejauh 140.5 kilometer dengan waktu 3 jam 25 menit 14 detik.

Posisi kedua dimenangkan oleh Abdul Halil dari Team Sapura yang finis empat detik setelah Jamal. Posisi ketiga menjadi milik Sanghong Park dari LX Cycling Team Korea.

Memulai balapan dari Bukittinggi, Jamal bertarung dalam beberapa titik sprint. Hujan deras yang turun saat melewati jalur Tabek Patah, Tanah Datar sempat membuatnya ngeri. Hujan yang deras ditambah jalur menurun yang cukup curam membuat balapan makin sulit.

“Hujan turun begitu deras. Saya sempat membuka kacamata karena jalan tidak terlihat,” kata Jamal saat diwawancara jurnalis Klikpositif di Sijunjung, Minggu 4 November 2018.

Disepanjang jalur balapan, bara pebalap bersaing untuk bisa terus memacu. Salah satu kompetitor tangguh menurut Jamal adalah Tim Bike Aid dari Jerman. Menurutnya tim Jerman ini berupaya mendominasi sejak awal balapan dengan membuat sprint secara berombongan. Namun jelang dua kilometer ke garis finis Jamal berhasil melihat celah dan memacu sepedanya.

“Mereka kelelahan karena berusaha memimpin sejak awal. Di situ saya lihat ada celah dan terus memacu hingga finis,” ojar Jamal.

Dengan catatan waktunya Jamal berhak mengenakan jersey kuning. Dia juga berhak atas jersey hijau Karena berhasil mencatatkan poin terbaik sebagai sprinter dengan catatam 15 poin. Pada etape ini ada tiga titik sprint yang akan dilalui para pebalap. Titik pertama berata di Baso berjarak 21 kilometer dari garis start. Titik keda di Batu Sangkar bedang titik ketiga di kawasan Pada Luar sekitar 43 kilometer sebelum finis.

Jamal juga memenangkan jersey merah putih sebagai pembalap Indonesia terbaik. Sedangkan rekan ... Baca halaman selanjutnya