Ada Start Semu di Etape II TdS 2018, Ini Penjelasannya

"Etape II dilaksanakan pada Senin 5 November 2018"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Efriyanto mengatakan, para pembalap Tour de Singkarak (TdS) 2018 tetap akan melewati kawasan kota tua Sawahlunto, meski dalam jadwal resmi panitia TdS 2018 pada etape II, titik start di Sawahlunto ditetapkan di Jalan Lintas Sumatera, Muaro Kalaban.

"Sebelum start resmi di Muaro Kalaban, para pembalap terlebih dahulu mengitari kawasan kota tua Sawahlunto dalam rangkaian start semu," kata Efriyanto saat rapat persiapan pelaksanaan TdS 2018 di Balai Kota Sawahlunto, Kamis 1 November 2018.

Efriyanto menjelaskan, start semu dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata “Kota Arang” tersebut kepada dunia internasional melalui event internasional yang menjadi agenda rutin setiap tahun.

"Rute start semu pada pagi Senin mengitari kawasan kota tua yakni Lapangan Segitiga – Museum Kereta Api – Depan Rumah Dinas Wako – Kantor Pos – Bawah SMP N 1 Sawahlunto – TK Lignita – Depan studio radio – Gang III – Jembatan Gang VII – Lapangan Segitiga – Pasar Remaja – Kantor Pos – Kelok S – Simpang Muaro Kalaban," jelasnya.

Masih kata Efriyanto, mulai dari Minggu sore 4 November 2018, panitia TdS akan berdatangan. Malamnya, mereka akan dijamu makan malam di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK).

"Seusai mengisi perut di GPK, mereka bersama masyarakat setempat akan dihibur dengan permainan KIM dan penampilan Orkestra Taman Bunga dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang di Lapangan Segitiga," ujarnya.

Untuk diketahui, rute yang akan dilewati Etape II TdS pada Senin 05 November 2018, start dari Sawahlunto menuju titik finish di Dharmasraya, tepatnya di depan kantor Bupati Dharmasraya.

[Muhammad Haikal]