Pencak Silat Sumbar Targetkan Juara Umum di Popwil 2018

"Atlet kita sudah dipersiapkan sejak jauh hari di PPLP Sumbar."
Pesilat Sumbar sebelum bertanding di Popwil 2018 (Ist)

KLIKPOSITIF -- Cabang Olahraga Pencak Silat Sumatera Barat targetkan meraih delapan medali emas sekaligus menasbihkan diri menjadi juara umum di arena Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera Tahun 2018, 22-27 Oktober 2018.

Target tersebut bukanlah tanpa persiapan, sebab sejak jauh jauh hari kuartet pelatih Andre Al Azhar, Mardas, Rita Indriani, dan Dian Putra sudah mempersiapkan atlet dengan baik.

Apalagi Kontingen Sumbar pada edisi Popwil kali ini berkekuatan 24 pesilat andalan yang turun di semua kelas yang dipertandingkan, siap mewujudkan target dimaksud.

"Atlet kita sudah dipersiapkan sejak jauh hari di PPLP Sumbar. Selain itu juga kita lakukan seleksi pesilat sebelum berangkat ke medan laga, karena pesilat terbaiklah yang membela Sumbar di Popwil,"Kata Pelatih Pencak Silat Popwil Sumbar Mardas, Selasa (23/10).

Dikatakan Mardas, pada Popwil Sumatera Tahun 2016 lalu di Provinsi Riau, cabor pencak silat Sumbar berada di peringkat kedua dengan meraih 5 medali. Tuan rumah berada di peringkat pertama dengan mendapat 8 medali emas.

"Namun pada Popwil Aceh, pesilat Ranah Minang bertekad untuk menghentikan kedigdayaan Riau tersebut. Insya Allah kita memiliki peluang untuk itu," tegas Mardian yang juga pelatih silat Kota Padang dengan nada optimis.

Ia melihat peta kekuatan Popwil Aceh tahun ini tidak jauh berbeda dengan Popwil 2016 lalu. Persaingan keras bakal terjadi antara pesilat Sumbar, Riau, dan Sumut. Sementara Aceh diprediksi menjadi kuda hitam.

"Riau masih menjadi saingan utama Sumbar di setiap Popwil. Hanya saja kita juga perlu waspadai pesilat Aceh. Karena kita dapat kabar pesilat Aceh lakukan TC dua bulan khusus untuk persiapan Popwil," pungkasnya. [Rel]