Owi/Butet Batal Tampil di Jepang Open 2018, Ini Alasannya

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke semifinal Asian Games 2018
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke semifinal Asian Games 2018 (Humas PBSI)

KLIKPOSITIF -- Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia,  Tontowi Ahmad (Owi)/ Liliyana Natsir (Butet) batal tampil di  Jepang Open 2018 . Liliyana dikabarkan tidak fit untuk turun di turnamen yang akan berlangsung pada 11-16 September 2018 tersebut.

"Butet (Liliyana) saat ini tidak dalam kondisi fit untuk bertanding. Tapi bukan cedera kok, kondisi lututnya tidak apa-apa. Dia sedang tidak enak badan, badannya panas," kata Kepala Pelatih ganda campuran PBSI, Richard Mainaky dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Minggu (9/9/2018), yang dikutip dari laman suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Anthony Ginting Raih Gelar Kedua di Indonesia Masters

Seperti diketahui, kebersamaan Tontowi / Liliyana akan segera berakhir selepas Asian Games 2018. Butet, sapaan akrab Liliyana, memutuskan bakal pensiun akhir tahun ini.

Namun, Richard memastikan keduanya masih akan bermain di beberapa turnamen besar. Pelatih 50 tahun itu memperkirakan kondisi Liliyana akan pulih saat turun di turnamen Cina Open 2018.

baca juga: Kevin/Marcus Juara Daihatsu Indonesia Masters 2020

Turnamen bulutangkis berlevel HSBC BWF World Tour Super 1000 itu akan berlangsung setelah Jepang Open, tepatnya pada 18-23 September 2018.

"Saya rasa mereka bisa bertanding di China Open 2018, mudah-mudahan recovery dan persiapannya bisa kami maksimalkan," ungkap Richard.

baca juga: Jalin Kerjasama Solidaritas Badminton di Perancis, Yayasan Bintang Kidul Bina 2 Atlet Asal Padang

Recananya, Tontowi akan tetap hadir dan bertolak ke Tokyo, Jepang pada Jum'at (14/9/2018) demi menghindari memenuhi persyaratan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) guna menghindari denda.

Seperti diketahui, berdasarkan regulasi BWF, pain yang bertengger di rangking 10 besar dunia, wajib untuk bertanding di turnamen berlevel HSBC BWF World Tour Super 750 dan Super 1000. Kecuali jika cedera atau sakit, karena itu Tontowi harus tetap hadir.

baca juga: Kevin/Marcus Wakil Ketujuh Indonesia Lolos ke Perempat Final

"Iya, Tontowi akan ke Tokyo pada Jumat depan, kalau tidak kan bisa kena denda. Memang sudah peraturan dari BWF. Dari Jepang, dia akan langsung terbang ke Tiongkok," sebut Richard.

Dengan mundurnya Tontowi / Liliyana, Indonesia dipastikan hanya mengirim tiga wakilnya dari sektor ganda campuran di Jepang Open 2018 . Mereka adalah Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti dan Ricky Karanda Suwardi / Debby Susanto. (*)

Penulis: Iwan R