Marquez Khawatir Takut Basah di Silverstone, Kenapa?

"Cuaca di Inggris saat ini tidak bisa ditebak"
Marc Marquez (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Pembalap Repsol Honda mengkhawatirkan kondisi trek di sirkuit Silverstone, Inggris saat balapan digelar nanti. Pasalnya, cuaca di lokasi tersebut saat ini cukup labil.

Cuaca di Inggris saat ini tidak bisa ditebak, sehingga hujan bisa turun saat balapan berlangsung. Kondisi tersebut membuat trek jadi sangat licin dan membahayakan pembalap.

Hal tersebut sudah terbukti saat sesi latihan bebas ke empat beberapa hari yang lalu. Dimana saat sesi tersebut berlangsung, sejumlah pembalap berjatuhan dan bahkan salah satunya-Tito Rabat-mengalami cidera yang cukup parah.

Keadaan tersebut memaksa sesi kualifikasi sempat ditunda, dan digelar dengan kondisi trek yang sebagian besar kering, dengan dua tikungan basah.

Saat hujan, Marquez mengatakan, kondisi trek di lintasan lurus Hangar menuju Stowe terlalu berbahaya, khususnya dengan genangan yang berada di sekitar trek.

"Jika kondisinya basah, seperti akhir FP4, kita tak bisa balapan, genangannya sangat berbahaya. Saya hampir terjatuh saat keluar dari pit, dan banyak pembalap terjatuh," katanya dikutip dari Motorsport.

Menurut ramalan cuaca, hujan lebih deras akan turun ketika balapan. Marquez mengklaim kondisi tersebut terlalu berbahaya untuk balapan, khususnya dengan permukaan trek bergelombang di trek yang menyebabkan genangan.

"Kita berharap memiliki balapan kering, namun tampaknya tidak mungkin. Ramalan cuacanya hujan, dan jika hujan, masalahnya adalah permukaan trek bergelombang dalam trek," sebutnya.

"Airnya mengendap di permukaan trek bergelombang, dan Anda memiliki genangan yang tidak Anda harapkan. Karena Anda tidak memiliki jumlah air yang sama dimanapun, di mana ada permukaan trek bergelombang, di sana ada lebih banyak air," tukasnya kemudian.

Dengan alasan keselamatan para pembalap, penyelenggara balapan memajukan jadwal kelas premier menjadi 90 menit lebih awal, dari pukul 19:00 menjadi 17:30 ... Baca halaman selanjutnya