Asian Games 2018: Ganda Campuran Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar

Pasangan ganda campuran Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto
Pasangan ganda campuran Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (PBSI)

KLIKPOSITIF -- Pasangan ganda campuran Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto harus menyelesaikan perjalanan mereka di cabang bulutangkis perorangan Asian Games 2018 . Ricky/Debby dikalahkan wakil Thailand, Sapsiree Taerattanachai/Dechapol Puavaranukroh, dengan skor 22-20, 18-21, 13-21.

Di game pertama, Ricky/Debby tertinggal 17-20. Satu angka lagi, pasangan Thailand menyelesaikan game pertama. Namun Ricky/Debby tak menyerah begitu saja, perjuangan mereka membuahkan hasil, keduanya mampu membuat keadaan menjadi imbang 20-20 dan terjadi setting.

baca juga: Menang Mudah, The Minions Melaju ke Perempat Final All England 2020

Kejadian ini tampaknya membuat pasangan Thailand kehilangan rasa percaya diri. Sebaliknya, Ricky/Debby terus menekan, satu pengembalian Taerattanachai yang melebar ke sisi kanan lapangan, membuat Ricky/Debby merebut game pertama.

Di game kedua, Ricku/Debby terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Saat kedudukan 18-20, Ricky/Debby berpeluang untuk kembali menyusul perolehan angka lawan. Namun satu servis Ricky yang gagal melewati net, membuat pasangan Thailand memanfaatkan kesempatan dan akhirnya mengamankan game kedua.

baca juga: Kevin / Marcus Dipastikan Lolos ke Olimpiade 2020

Pertarungan berlangsung sengit di game kedua. Sayangnya, setelah interval game, Ricky/Debby kembali membuat banyak kesalahan sendiri yang makin menguntungkan lawan. Tertinggal 10-16, Ricky/Debby kian di bawah tekanan.

"Kami sudah tahu kalau melawan mereka nggak akan menang mudah, nggak kalah mudah juga. Akan berimbang dan ketat. Pastinya penampilan kami kurang memuaskan, kami sudah berusaha sebisa kami, tapi tetap hasilnya belum maksimal," sebut Debby melansir laman resmi PBSI.

baca juga: Anthony Ginting Raih Gelar Kedua di Indonesia Masters

"Mereka lebih siap dari awal, mereka memimpin terus dari game pertama. Di game ketiga saya agak kendor dan banyak melakukan kesalahan sendiri," ungkap Ricky.

Ricky/Debby tentunya kecewa dengan hasil ini. Apalagi bagi Debby ini adalah Asian Games terakhirnya sebelum pensiun pada tahun depan. Ricky/Debby masih akan menjalani beberapa turnamen hingga akhir tahun 2018. Pertandingan terdekat mereka adalah Japan Open 2018.

baca juga: Kevin/Marcus Juara Daihatsu Indonesia Masters 2020

"Masih banyak pertandingan sampai akhir tahun. Kami akan mempersiapkan diri untuk pertandingan selanjutnya. Kami pasti kecewa dengan hasil ini, tapi kami tidak mau kecewa berlarut-larut karena selanjutnya ada pertandingan di Japan Open," tambah Debby.

"Kami masih sama-sama belajar. Soal chemistry sih kami sudah sama-sama dapat, mungkin yang perlu ditambah itu fokusnya dan harus lebih bisa menahan fokus. Main lebih rapat dan tambah power," jawab Debby.

Penulis: Rezka Delpiera