Fernando Alonso Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim Ini

"Pebalap berusia 37 tahun ini pernah merasakan sukses akan karirnya di Formula 1"
Fernando Alonso (internet)

KLIKPOSITIF -- Fernando Alonso akan menjalani balapan Formula 1 terakhirnya. Pebalap tim McLaren tersebut telah mengumumkan akan meninggalkan ajang jet darat ini di akhir musim ini. Pebalap berusia 37 tahun ini pernah merasakan sukses akan karirnya di Formula 1.

Dia meraih juara dua musim berturut-turut pada musim 2005 dan 2006 dengan Renault. Ketika itu, Alonso tercatat sebagai pebalap termuda yang yang pernah menjadi juara dunia F1. Namun, saat ini Alonso semakin sulit untuk bersaing setelah terakhir menjadi juara di Catalunya bersama Ferrari di 2013.

Sejak pindah bersama McLaren pada musim 2015, Alonso belum pernah merasakan kemenangan dan juga kesulitan untuk bisa finis di posisi lima besar. Kini, Alonso sudah menatap akhir karirnya di balapan Formula 1, dimana dia akan pensiun pada akhir musim ini bersamaan dengan kontraknya yang akan berakhir dengan McLaren.

"Setelah 17 tahun yang luar biasa dalam olahraga yang luar biasa ini saatnya bagi saya untuk membuat perubahan dan melanjutkan hidup," ungkap Fernando Alonso seperti dilansir BBC Sport.

"Saya membuat keputusan ini beberapa bulan yang lalu dan itu adalah keputusan yang tegas. Masih ada beberapa grand prix untuk dilakoni musim ini, dan saya akan mengambil bagian di dalamnya dengan komitmen dan semangat lebih dari sebelumnya," tambah pebalap asal Spanyol ini.

"Mari kita lihat apa yang akan terjadi di masa depan, tantangan baru yang mengasyikkan ada di mana-mana. Saya mengalami salah satu saat paling bahagia dalam hidup saya, tetapi saya harus terus mengeksplorasi petualangan baru," kata Fernando Alonso

Selama 17 tahun karirnya di Formula 1, Alonso telah memenangi 32 kali balapan, menyabet 22 pole position dan 97 podium. Meski akan pensiun di akhir musim ini namun Alonso masih membuka pintu untuk memperkuat McLaren dan kembali ke Formula 1 lagi.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di McLaren. Hati saya bersama tim selamanya. ... Baca halaman selanjutnya