Yamaha Bisa Kalahkan Honda dan Ducati di MotoGP, Jika..

"Yamaha sebenarnya bisa bersaing ketat dengan Honda dan Ducati"
Valentino Rossi (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Tim pabrikan Yamaha di MotoGP meminta maaf atas kelambanan tim memperbaiki masalah pada motor Valentino Rossi dan Maverick Vinales di sesi kualifikasi GP Austria, Sabtu 11 Agustus 2018 malam.

Masalah itu membuat duo pembalap mereka gagal meraih catatan waktu yang bagus dan kesulitan untuk bisa bersaing dengan Honda dan Ducati di grid depan pada balapan yang digelar, Minggu 12 Agustus 2018 malam.

Permintaan maaf tersebut kemudian disambut baik oleh Rossi, meskipun di balik itu ia menuntut Yamaha untuk bekerja lebih cepat memperbaiki masalah di motor YZR-M1.

"Kami butuh hasil dan cepat, karena kita masih tertinggal dibanding Ducati dan Honda," kata Valentino Rossi seperti dilansir dari GPone.

Menurut dia, Yamaha sebenarnya bisa bersaing ketat dengan Honda dan Ducati. Sebab, masalah peforma motor sebenarnya sudah dialami sejak tahun 2016 lalu.

Jadi dengan begitu, harusnya kata Rossi, masalah tersebut harus bisa selesai sebelum musim berakhir, "Ya, saya ingin (Yamaha) bisa cepat diselesaikan sebelum musim ini berakhir," ujarnya.

Rossi menilai, Yamaha sebenarnya memiliki motor yang bagus. Jika pengembangannya bisa dipercepat dan diperbaiki, sembilan kali juara dunia itu yakin pabrikan Jepang tersebut bisa mengejar ketertinggalan dari Honda dan Ducati.

"Kami belum mampu melangkah maju dari masalah elektronik ini. Hal yang Ducati dan Honda sudah selesaikan. Itu masalahnya," ucap The Doctor.

"Secara mekanika, motor ini cukup baik. Apabila kami mampu menyelesaikan masalah elektronik, saya yakin Yamaha bisa bersaing dan sejajar dengan Honda dan Ducati," pungkas dia.(*)