Bukan Keberentungan, Ini yang Membantu Lorenzo Raih Podium di Brno

"Ia mengaku tidak ingin salah perhitungan"
Jorge Lorenzo (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Jorge Lorenzo berhasil memperpanjang tren positifnya di balapan Brno, Ceko Minggu 5 Agustus 2018 malam lalu. Ia finish di posisi kedua di belakang rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Peraih 5 gelar juara dunia tersebut tampil kompetitif sejak balapan di mulai. Namun ketika Valentino Rossi, Dovizioso dan Marquez saling berebut tempat, ia malah terlihat seakan tidak peduli.

Namun saat balapan sudah menyisakan 10 lap, ia tampak mulai menekan dengan menyusul Cal Crutchlow dan mantan rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi.

Usai dengan dua pembalap tersebut, giliran Marquez yang menjadi korban X-Fuerra. Pemegang gelar juara MotoGP 2017 tersebut tidak mendapatkan celah mengejar Dovi di posisi pertama karena dihalangi oleh Lorenzo.

Apa yang dilakukannya sepanjang balapan ternyata adalah bagian dari strategi. Pasalnya, ia mengaku tidak ingin salah perhitungan saat untuk memburu podium.

"Kali ini saya perlu mengubah strategi, terutama karena saya memiliki beberapa masalah untuk menyelesaikan balapan pada ban depan di sisi kanan," katanya dikutip dari Motorsport.

Strateginya tersebut bertujuan untuk menghemat penggunaan ban, yang kemudian sisa ban yang ada bisa dimanfaatkannya untuk memacu ke posisi tiga besar.

"Jelas saya adalah seorang pembalap dengan gaya balap berbeda, terutama pada pengereman, dibandingkan yang lain. Saya selalu lebih memilih trek yang sepi untuk memaksimalkan potensi saya," sebutnya.

"Ini strategi baru bagi saya, sangat baru, tetapi itu terbayar," tambah dia.

Hanya saja, strategi itu tidak berjalan sempurna. Sebab ia mengaku kesulitan ketika Marquez berebut posisi kedua dengan dirinya.

"Pastinya tidak menguntungkan bahwa Marc menyalip saya, tetapi dia harus mencoba, dia selalu mencoba, dan dia sudah pasti harus mencoba yang terbaik untuknya. Yang pasti, tidak menguntungkan karena Andrea ... Baca halaman selanjutnya