Kemenpora Targetkan Satu Emas di Cabor Bulutangkis Asian Games 2018

"selain sektor ganda putra, sektor ganda campuran dan putri juga berpeluang mendulang medali emas di Asian Games 2018 nanti"
Asian Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana memprediksi kontingen bulutangkis Indonesia bisa meraih lebih dari satu medali emas seperti yang ditargetkan pemerintah.

Mengacu dari prestasi dan ranking wakil-wakil Indonesia di daftar peringkat dunia BWF, menurut Mulyana, selain sektor ganda putra, sektor ganda campuran dan putri juga berpeluang mendulang medali emas di Asian Games 2018 nanti.

"Kemarin saya berbicara dengan Susy Susanti, ada tiga nomor yang diprediksi bisa meraih medali (emas) yaitu ganda putra, ganda putri, ganda campuran," kata Mulyana kepada awak media dilansir suara.com, jaringan Klikpositif.

Namun, kata Mulyana, Susy Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, tidak berani menjamin jika dua sektor terakhir benar-benar mampu meraih medali emas.

Sebab lanjut Mulyana, penampilan di sektor ganda campuran dan ganda putri belum stabil seperti sektor ganda putra yang dihuni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Merujuk pada ranking BWF, Kevin/Marcus yang menempati posisi satu dunia, menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berpeluang besar menjadi juara Asian Games 2018.

"Kalau di bulu tangkis itu sekarang yang berada di ranking satu Kevin / Gideon untuk ganda putra. Tetapi perjalanan bulutangkis Indonesia di bidang lain, seperti grand prix sampai Indonesia Open dan sebagainya mencatat prestasi yang masih maju mundur," sebut Mulyana.

"Itulah yang dianggap sebagai road to Asian Games, menuju prestasi bulutangkis akan kelihatan di sana," katanya.

Di Asian Games 2018, jika merujuk peringkat dunia, selain Kevin / Marcus, Indonesia diprediksi akan mengandalkan Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir dari sektor ganda campuran.

Sementara dari sektor ganda putri, Greysia Polii / Apriyani Rahayu yang kini menempati ranking enam dunia menjadi kandidat kuat untuk bisa mengharumkan nama Indonesia. ... Baca halaman selanjutnya