Menlu Retno Marsudi Jadi Pelari Pertama Kirab Obor Asian Games 2018

"Sebelum diserahkan ke Menlu Retno, api lebih dulu diinapkan satu malam di Kraton Yogyakarta pada Rabu (18/7)"
Menlu Retno Marsudi menjadi pelari pertama Kirab Obor Asian Games 2018. (INASGOC)

KLIKPOSITIF -- Torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 resmi dimulai dari Kota Yogyakarta pada Kamis (19/7) pagi. Tarian Krido Jati Roso menjadi penyambut kirab obor multievent terbesar bangsa Asia tersebut.

"Kemarin api dari Mrapen dan India sudah digabungkan pada malam konser torch relay di Candi Prambanan. Kami sangat senang dengan dimulainya torch relay dari Yogyakarta ini," kata Sekjend Inasgoc, Eris Heryanto saat sambutan kirab obor Asian Games di Pagelaran Keraton, Kamis (19/7).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pun dipercaya menjadi pelari sekaligus pembawa obor pertama Asian Games 2018, yang mana diserahkan langsung oleh Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X di Pagelaran Kraton Yogyakarta. Sebelum diserahkan ke Menlu Retno, api lebih dulu diinapkan satu malam di Kraton Yogyakarta pada Rabu (18/7).

Setelah diawali dari Pagelaran Kraton, rute kirab di Yogyakarta akan berlanjut ke titik nol kilometer ke arah Barat-PKU Muhammadiyah ke Utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang lalu kearah Timur ke Teteg Malioboro. Dari Teteg Malioboro, obor kemudian masuk ke Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan.

lalu menuju ke selatan ke Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingi dan berakhir di Tugu Yogyakarta. Kirab obor di "Kota Gudeg" sendiri diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 10.00 WIB.

Dari Tugu Yogyakarta, obor simbol sportivitas dan semangat olahraga itu akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan diserahkan ke INASGOC untuk dibawa ke Solo. Tiba di Solo, rencananya obor akan diterima di Stadion Sriwedari, Kamis (19/7) siang.

Artis Dian Sastrowardoyo dan legenda bulu tangkis Indonesia, Sigit Budiarto akan menjadi pembawa obor atau torch bearer. "Mudah-mudahan niat baik kita yang dimulai hari ini bisa selesai dengan baik dan diridhai oleh Allah SWT," tutup Eris.

Torch relay ... Baca halaman selanjutnya