Balapan Maksimal di Sachsenring, Ini Taktik Rossi

"Rossi mengaku belajar segalanya dari Folger"
Valentino Rossi (net)

KLIKPOSITIF-Valentino Rossi bisa tampil maksimal dan menyelesaikan balapan sebagai runner-up di Moto GP Sachsenring Jerman Minggu, 15 Juli 2018. Menurut Rossi penampilannya di Jerman merupakan yang terbaik dalam musim ini.

Untuk bisa tampil maksimal di GP Jerman, ternyata Rossi mempelajari data balapan Jonas Folger musim lalu. Walau tidak finis pertama, Folger mampu memberikan perlawanan pada Marquez.

"Folger melakukan balapan yang fantastis, pada level Marc. Dia bertahan di sana dalam pertarungan," ujar Rossi.

Rossi mengaku belajar segalanya dari Folger untuk tampil di Sachsenring. Dia mempelajari cara balapan di semua lini, cara mengendarai motor, dan bagaimana cara menyetting motor. Dan itu sangat membantu.

Pada balapan Minggu lalu, Rossi berhasil finis kedua dengan terpaut waktu 2,196 s dari Marc Marquez. Rossi mengaku nyaris tidak melakukan kesalahan sepanjang balapan, dan selalu berada di saat yang tepat.

Selama balapan Rossi mencoba menghemat penggunaan ban. Selain itu menurutnya dia melakukan race dengan baik selama 30 lap dan dapat melakukan beberapa overtake tanpa melakukan kesalahan.

Rossi menganggap pencapaian akhir pekan ini fantastis. Terlebih dengan kerja keras dari timnya, yang menghasilkan dua podium. Belum lagi dia mmiliki sejarah kurang bagus di Jerman,

"Ini bukan hanya hasil terbaik saya musim ini, tetapi juga balapan terbaik,” ungkapnya pada konferensi pers MotoGP Jerman.