Jelang Asian Games 2018, Ratusan Atlet Diberi Vaksin

"Tujuan vaksin ini untuk memberikan kekebalan tubuh khususnya pada atlet dan pelatih"
Ratusan atlet diberi vaksin influenza di Jakarta, Senin (16/7/2018). (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Atlet selalu dituntut memiliki kondisi fisik yang sehat dan kuat. Pusat pengembangan IPTEK dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP-ITKON) melakukan upaya pemberian vaksin kepada para atlet nasional yang akan bertanding dalam ajang Asian Games dan Asian Paragames 2018.

"Tujuan vaksin ini untuk memberikan kekebalan tubuh khususnya pada atlet dan pelatih. Karena para atlet ini mobilitasnya sangat tinggi. Mereka bisa kemana saja dan bertemu siapa saja. Ini adalah upaya kita supaya atlet tetap bugar dan tidak terpengaruh virus-virus ke dalam tubuhnya," kata Deputi IV / Bidang Peningkatan Prestasi, Kemenpora RI, Prof. Dr. Mulyana, M.Pd di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin, (16/7/2018).

Jenis vaksin yang akan diberikan adalah vaksin influenza. Meski penyakit ini terkesan sepele, namun influenza yang menyerang seorang atlet dapat sangat merugikan karena dapat mempengaruhi prestasi pribadi bahkan tim.

Dari total 1.303 orang yang terdiri dari 949 atlet, pelatih dan manager kontingen Indonesia, hanya akan ada 120 atlet yang diberi vaksin influenza.

"Tidak semua atlet kami beri vaksin influenza. Hanya ada 120 atlet dan ini diberikan secara bertahap karena ini baru pertama kali kami lakukan," tutup Mulyana.

Sumber: Suara.com