Putuskan Pensiun, Ini Catatan Pedrosa Sepanjang Karir

"Pedrosa mencatatkan prestasi luar biasa selama 18 musim karirnya"
Dani Pedrosa memutuskan akan pensiun musim ini (net)

KLIKPOSITIF-Dani Pedrosa akhirnya memutuskan pensiun dari balapan MotoGP. Meski tidak sekalipun meraih juara di kelas utama, Pedrosa mencatatkan prestasi luar biasa selama 18 musim karirnya di seri Grand Prix.

Karir balap Pedrosa dimulai dari kelas 125cc, 250cc dan MotoGP. Sepanjang masa itu dia mencatatkan 4086 poin dari semua kelas dalam karier MotoGP-nya. Angka itu membuatnya menjadi memegang poin terbanyak kedua setelah Valentino Rossi. Rossi meraih poin sebanyak 5974.

Selama 18 musim Pedrosa menjalani start sebanyak 285. Ini menjadi Start balapan Grand Prix terbanyak ketiga setelah Rossi 373 dan Loris Capirossi 328. Selama itu pula dia telah naik podium sebanyak 153.

Di kelas utama Pedrosa mencatatkan 112 podium. Ini sama dengan raihan Jorge Lorenzo. Raihan kemenangan Pedrosa sebanyak 54, sejajar lima kali juara dunia, Mick Doohan.

Sepanjang karirnya Pedrosa juga sering memulai balapan dari garis paling depan. Dia memulai balapan dari Pole position 49 kali. Ini membuatnya berada di urutan keenam tertinggi sepanjang masa. Pedrosa telah memenangkan juara sebanyak tiga kali.(*)