Empat Negara Ikuti Festival Silat Internasional 2018 di Kota Padang

"Ada 936 peserta yang mengikuti festival silat ini"
Suasana di lokasi Festival Silat Internasional (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 936 pesilat dari empat negara berlaga pada Festival Silat Internasional 2018, yang di gelar di Kota Padang.

Memperagakan silat tradisi, festival ini dibuka pada Kamis 12 Juli 2018 hingga Minggu 15 Juli 2018.

Sekjen Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB-IPSI) Pusat, Erizal Chaniago mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pelestarian silat, yang merupakan budaya Indonesia yang lahir di bumi Minangkabau.

"Mari lihat peragaan silat dari berbagai daerah ataupun negara. Menampilkan keaslian silat. Diharapkan, silat tidak punah, dan silat dikenal banyak orang," ungkapnya.

Katanya, 4 negara yang mengikuti adalah Suriname, Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia. Untuk luar negeri, terdiri dari 6 tim, berjumlah 78 orang peserta. Sementara dari nusantara diikuti 6 provinsi 10 tim dengan 300 peserta. Sedangkan untuk kabupaten dan kota di Sumatera Barat, ada 18 kabupaten dan kota dengan 558 peserta.

Dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta.
Erizal Chaniago berharap kegiatan ini lebih sering diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. "Keseluruhan pesertanya ada 936 peserta," ucapnya.

Ketua Pelaksana sekaligus Kadispora Kota Padang Azwin mengatakan tujuan festival ini adalah sebagai ajang silaturahim pesilat Nusantara dan dunia, dan wadah pengalaman tanding pesilat.

Kegiatan dipusatkan di salah satu ruangan berukuran besar yang ada di Hotel Kyriad Bumiminang Padang.

[Cecep Jambak]