Ini Target Perbasi Pessel di Porprov XV

"Untuk mencapai terget tersebut, Perbasi Pessel akan melakukan pembinaan dan pencarian bibit para atlet terbaik untuk Pessel"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Pesisir Selatan terpilih pariode 2018-2022, Muhammad Adli, yakin tahun ini Perbasi Pessel bisa meperoleh emas pada ajang Pekan Olah Provinsi (Porprov) XV di Kabupaten Padang Pariaman.

“Pada nomor three on three di Porprov sebelumnya kita hanya meraih perak, tahun ini harus emas,” ungkap M. Adli usai Muskab di Painan, Minggu 8 Juli 2018.

Adli menambahkan, tidak hanya di nomor three on three, ia pun bertekad tim Pessel bisa meraih prestasi gemilang di tim konvensional.

Untuk mencapai terget tersebut, Perbasi Pessel akan melakukan pembinaan dan pencarian bibit para atlet terbaik untuk Pessel.

"Strategi penjaringan bibit atlit dilakuka dengan menggelar berbagai turnamen di setiap kecamatan. Turnamen seperti itu telah kami lakukan sejak setahun yang lalu. Kami ingin menciptakan bibit daerah yang berprestasi,” jelasnya.

Selain itu, untuk jangka penjang, Perbasi bakal mengikutkan tim-tim basket dari Pessel di ajang-ajang kompetisi tingkat provinsi. Bahkan tingkat nasional.

Saat ini terdapat sebanyak 12 tim basket yang tersebar di berbagai kecamatan. Kemudian, meningkatkan kapasitas pelatih melalui penataran kepelatihan.

"Saat ini Pessel masih memiliki keterbatasan kapasitas pelatih yang memiliki lisensi pelatih. Lisensi yang dimiliki baru setingkat pelatih Porprov. Nah, ke depan, tentu kami juga ingin memiliki pelatih putra daerah yang memiliki standar pelatih Pekan Olahraga Nasional (PON),” ulasnya.

Selain untuk prestasi, Perbasi juga turut mendukung program pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata daerah. “Nanti bisa berskala nasional, sehingga mendongkrak kuniungan wisata ke Pessel,” tegasnya. (Kiki Julnasri)