Mampukah Yamaha Bangkit di MotoGP Assen?

"Yamaha dinilai berpeluang besar untuk memutus paceklik kemenangan"
Dua pembalap Movistar Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Musim lalu, tim pabrikan Yamaha meraih hasil bagus di seri Assen, Belanda. Valentino Rossi tampil sebagai pemenang setelah mengasapai Petruci dan Marquez di tikungan terakhir.

Tampil meyakinkan awal 2017, peruntungan malah Yamaha berubah drastis sejak balapan tersebut. Sejak itu, baik The Doctor maupun rekan satu tim barunya, Maverick Vinales, semakin jauh dari puncak podium.

Musim telah berganti, namun krisis tak kunjung pergi dari skuat garpu tala. Meskipun saat ini Rossi dan Vinales masing-maisng duduk di peringkat dua dan tiga klasemen sementara, keduanya tetap seakan berkutik menghadapi para pembalap Honda dan Ducati.

Memulai balapan di Assen, Yamaha dinilai berpeluang besar untuk memutus paceklik kemenangan mereka, yang telah memasuki balapan ke-17.

Hal ini didukung oleh karakteristik Assen bersahabat sengan YZR-M1, Rossi juga memenangi tiga dari lima MotoGP Belanda terakhir.

Kendati demikian, Motorsport menulis bahwa Yamaha akan menemui jalan terjal untuk kembali menuju jalur kemenangan.

Sebab beberapa pembalap berpeluang besar untuk memperpanjang derita Rossi dan Vinales. Salah satunya sang pemimpin klasemen sementara, Marc Marquez, dan juga Jorge Lorenzo yang sedang dalam momentum kemenangan.

Jangan lupakan Jack Miller dan Danilo Petrucci, pembalap dengan reputasi rain master, keduanya bisa memberi kejutan jika balapan berlangsung dalam cuaca buruk.

Jika mengacu pada statistik lima tahun terakhir, ditambah dengan performa beberapa balapan terakhir. Ada lima pembalap yang unggul di balapan Assen. Siapa saja mereka?

1. Valentino Rossi

Duduk di peringkat kedua klasemen dengan raihan tiga podium beruntun sebelum Assen, The Doctor berpeluang menjadi pemecah kebuntuan Yamaha. Hal ini didukung juga dengan statistik mentereng di "Cathedral of Motorcycling", Rossi menjuarai tiga dari lima balapan terakhir, yakni pada 2013, 2015, ... Baca halaman selanjutnya