Filosofi Obor Asian Games 2018

"Obor tersebut akan diarak melalui dua negara dan 1 kota di India serta 50 kota di Indonesia"
Erick Thohir memegang obor Asian Games 2018 saat peluncurannya kemarin (Net)

OLAHRAGA, KLIKPOSITIF -- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 resmi meluncurkan penampakan obor yang akan diarak saat pembukaan pesta olahraga Asia tersebut Agustus mendatang, pada Kamis 10 Mei 2018 kemarin.

Obor tersebut akan diarak melalui dua negara dan 1 kota di India serta 50 kota di Indonesia. Melihat perhelatan Asian Games sebelumnya, bentuk dari obor selalu memiliki ciri khas tersendiri.

Biasanya, obor tersebut menggambarkan keunikan budaya dari tuan rumah penyelenggara, begitu juga dengan bentuk obor pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir mengatakan obor tersebut dibuat dengan memadukan dua alat tradisional untuk beladiri asal Betawi dan Palembang.

"Maka jadilah sebuah bentuk Obor yang indah dan gagah yang akan menjadi wadah bagi api abadi Asian Games untuk berkobar," katanya dilansir dari laman resmi Asian Games 2018.

Menurutnya paduan alat beladiri tradisional pada obor Asian Games merupakan penggambaran dari bersatunya ragam budaya di Indonesia untuk satu tujuan.

Selanjutnya, kedua alat beladiri tradisional tersebut merupakan simbol dari nilai dan tingkat keberadaan seseorang di masyarakat, maka itu selalu dijaga, diasah ketajamannya agar selalu tampil bersinar dan melahirkan semangat yang berkobar.

Sementara itu, budayawan Betawi, Ridwan Saidi mengatakan bahwa golok bagi masyarakat Betawi bukan hanya sebagai sebuah senjata tapi sebagai sebuah karya seni.

"Saya mengapresiasi panitia yang telah menjadikan golok sebagai dasar bentuk Obor Asian Games 2018. Hal tersebut sangat positif bagi budaya Betawi," sebut Ridwan.

Sedangkan skin adalah alat beladiri tradisional Sumatera Selatan yang diperkirakan berasal dari gabungan budaya lokal dan Tionghoa pada masa silam.

Skin termasuk alat beladiri yang digunakan dalam jarak dekat dan biasanya digunakan hanya dalam keadaan terdesak untuk mempertahankan ... Baca halaman selanjutnya